Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 12 Dzulqa’dah 1436 / 27 Agustus 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan kaidah fiqih yang berbunyi “Ibadah Dibangun di Atas Syari’at (Bagian ke-1)“, dan pada pertemua kali ini, beliau akan menyampaikan tentang kaidah fiqih yang berbunyi “Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula

Pada kajian kali ini, Ustadz Kurnaedi akan membahas dan menjelaskan tentang salah satu kaidah fiqih yang masih merupakan cabang dari kaidah “اليَقِيْنُ لَا يَزُوْلُ بِالشَّكِّ“, kaidah ini berbunyi:

الأَصْلُ بَقَاءُ مَا كَانَ عَلَى مَا كَانَ

“Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula.”

Makna Kaidah
Makna dari kaidah ini adalah sesuatu yang sudah diketahui hukumnya pada masa lalu, maka hukum itu tetap berlaku dan tidak berubah sampai ada dalil yang merubahnya.

Penerapan Kaidah
Penerapan kaidah ini mirip sekali dengan kaidah induknya, di antaranya adalah:

“Orang yang sudah berwudhu, kemudian dalam jarak yang lama dia ragu-ragu apakah sudah batal ataukah belum, maka hukumnya dia masih memiliki wudhu. Begitu juga dengan kebalikannya, kalau dia terkena hadats lalu ragu-ragu apakah dia sudah wudhu ataukah belum, maka hukumnya dia belum punya wudhu.”

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan kaidah “الأَصْلُ بَقَاءُ مَا كَانَ عَلَى مَا كَانَ” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Pada Dasarnya Sesuatu itu Tetap Sebagaimana Hukum Semula

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Kirim Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *