Pages Navigation Menu
Categories Navigation Menu

9 Poin Penting sebelum Bersedekah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita simak, sebuah ceramah agama oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Sabtu, 1 Rabi’ul Akhir 1435 / 1 Februari 2014, ba’da Maghrib hingga dilanjut ba’da Isya’ di Masjid Al-Barkah, Komplek Radio Rodja, Jl. Pahlawan, Kampung Tengah, RT03 / RW03, Kecamatan Cileungsi, Bogor. Tema yang dibawakan dalam kajian yang berdurasi satu setengah jam ini adalah “9 Poin Penting sebelum Bersedekah“, yaitu tentang bagaimana sedekah berkualitas tinggi, bagaimana sedekah kita benar-benar diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: 9 Poin Penting sebelum Bersedekah

Tema pada kajian Islam ilmiah kali ini adalah Poin Penting sebelum Anda Bersedekah.

Kita lihat di tengah-tengah kita, banyak yang ahli ibadah: banyak yang ahli masjid, ahli menuntut ilmu, ahli baca dan Al-Qur’an, ahli hafal Al-Qur’an, ahli ilmu, kemudian ahli bersedekah, ahli shalat, dan ahli shalat malam. Banyak ahli ibadah di tengah-tengah kita, walhamdulillah

Yang menjadi ukuran sebenarnya adalah bukan kuantitas ibadah tersebut, tetapi yang menjadi ukuran sebenarnya adalah kualitas ibadah tersebut, apakah ibadah tersebut diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala atau tidak. Ulama-ulama salaf terdahulu sering mengingatkan kita untuk memperhatikan kualitas amal ibadah, lebih memperhatikan (kualitas amal ibadah) dibandingkan beramal itu sendiri. Memperhatikan bagaimana amal ibadahnya benar-benar maksimal, tuntas, dikerjakan secara menghadirkan hati, benar-benar sesuai dengan petunjuk Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam; (hal tersebut) lebih diperhatikan dibandingkan dengan “hanya sekedar beramal”.

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, berkata:

كُونُوا لِقَبُولِ الْعَمَلِ أَشَدَّ اهْتِمَامَا مِنْكُمْ بِالْعَمَلِ

“Jadilah kalian orang-orang yang lebih memperhatikan amal diterima atau tidak, dibandingkan beramal itu sendiri.”

Kemudian beliau radhiyallahu ‘anhu mengucapkan:

أَلَمْ تَسْمَعُوا اللَّهَ يَقُولُ : إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ سورة المائدة آية 27

“Apakah kalian tidak mendengar firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Sesungguhnya Allah menerima hanya dari orang-orang yang bertaqwa.” (Q.S. Al-Ma’idah [5]: 27)”

Begitu juga perkataan Fudhalah bin ‘Ubaid rahimahullahu Ta’ala, beliau mengatakan:

لأَنْ أَكُونَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ قَدْ تَقَبَّلَ مِنِّي مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Sungguh aku mengetahui amalanku diterima walau seberat biji sawi lebih aku cintai dibandingkan aku memiliki dunia dan seisinya.”

Simak terus ceramah agama yang sangat menarik ini, download langsung ceramahnya atau dengarkan melalui player dengan menekan tombol Play.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – 9 Poin Penting sebelum Bersedekah

Mari bantu sebarkan ke Facebook, Twitter, dan Google+ milikmu, semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang lain dan menjadi amal ibadah yang bermanfaat, Aamiin. Jazakumullahu khoiron.

4 Comments

  1. Assalamualaikum, ijin download, sukron…

  2. mohon pencerahannya, disaat kita beramal terkadang kita tidak sadar keikhlasan kita tidak seratus persen. tapi kita bersangka baik kepada Allah SWT bahwa amalan kita diterima olehnya. sesuai dengan hadistqudsi “aku sesuai dengan persangkaan hambaku” (muttafakun alaih).
    pertanyaannya apa amalan kita diterima jikalau kita lupa atau lalai dari ikhlas, sedangkan kita beramal yakin bahwa akan diterima oleh Allah?

    syukran

    • Mohon maaf kami tidak bisa menjawabnya melalui komentar ini, ahsannya pertanyaan seputar syar’i ditanyakan langsung saat kajian LIVE berlangsung, simak terua radio rodja 756am dan rodjatv. Syukron, Jazakallahu Khairan.

  3. Radio rodja on 24 jam di rumah kami

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>