Blog

Anda bisa mendownload kajian audio pada halaman ini. Kajian audio yang tersedia adalah kajian yang telah diselenggarakan di studio radio Rodja. Insya Allah.

Warisan Ramadhan (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Setelah berlalunya Ramadhan, ternyata bulan yang penuh berkah tersebut meninggalkan untuk kita warisan yang sangat berharga.

Apa saja warisan yang ditinggalkan oleh Ramadhan untuk kita?

Silakan download ceramah agama Islam yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan tema “Warisan Ramadhan”, pada Senin 27 Juli 2015. Semoga bermanfaat.

Penjelasan tentang Puasa Syawal – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Di bulan Syawal ini kita disunnahkan untuk berpuasa selama enam hari atau biasa disebut dengan puasa Syawal.

Apa keutamaan puasa Syawal?
Bagaimana tata cara puasa Syawal?
Kapan puasa Syawal itu boleh dimulai?

Temukan jawabannya di dalam Khutbah Jumat yang sangat menarik dengan tema “Penjelasan tentang Puasa Syawal”, berdurasi sekitar 15 menit.

Disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada tanggal 24 Juli 2015 atau bertepatan dengan 8 Syawal 1436 H, live dari Masjid Al-Barkah, komplek Radio Rodja dan RodjaTV.

Silakan simak dan download rekaman khutbah Jumatnya, semoga bermanfaat.

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1082-1086 – TPP: Sifat Telaga Haudh Nabi, Sifat Kasih Sayang dan Tolong Menolong di Antara Kaum Mukminin, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

حوضي ما بين عدن إلى عمان ماؤه أشد بياضا من الثلج وأحلى من العسل وأكثر الناس ورودا عليه فقراء المهاجرين الشعث رءوسا، الدنس ثيابا، الذين لا ينكحون المتنعمات ولا تفتح لهم أبواب السدد، الذين يعطون الحق الذي عليهم ولا يعطون الذي لهم

“Telaga Haudhkuitu lebarnya antara ‘Adn dengan Amman, airnya lebih putih dari salju, dan rasanya lebih manis dari madu, dan manusia yang paling banyak minum darinya adalah para faqir miskin dari kalangan Muhajirin, yang mana dahulu mereka di dunia rambutnya berdebu, pakaiannya lusuh. Karena mereka miskin, mereka tidak bisa menikahi wanita-wanita bangsawan, karena mereka miskin tidak dibukakan untuk mereka pintu-pintu. Mereka memberikan hak yang merupakan kewajiban mereka, namun hak mereka tidak dipenuhi.”

Kajian yang sangat menarik dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang disampaikan pada Ahad, 26 Juli 2015, dan membahas hadits ke-1082 dan ke-1086, yaitu hadits tentang:

“Sifat Telaga Haudh Nabi, Sifat Kasih Sayang dan Tolong Menolong di Antara Kaum Mukminin, dan Seterusnya”

Silakan download dan simak kajian yang sangat bermanfaat ini.

Kesempurnaan dan Universalitas Islam serta Kewajiban Berpegang Teguh dengannya (Syaikh Prof. Dr. Anis Ahmad Thahir Jamal Al-Indunisi)

Suatu kaidah berbunyi:
مَنْ عَرَفَ مَا يَطْلُبُ هَانَ عَلَيْهِ مَا يَبْذُلُ
“Barangsiapa mengetahui apa yang diminta, maka akan mudah baginya mengorbankan sesuatu untuk (bisa menemukan) hal tersebut.”

Jadi, ketika kita mengetahui tentang Islam, maka kita akan bersemangat untuk semakin mendalami dan mencari tahu tentang Islam. Begitulah kaidah yang disampaikan oleh para ulama.

Mari kita ketahui lebih dalam tentang keindahan Islam, agar kita semakin bersemangat dalam berusaha / beramal untuk menemukan keindahan Islam tersebut.

Silakan dengarkan dan download ceramah agama “Kesempurnaan dan Universalitas Islam serta Kewajiban Berpegang Teguh dengannya” sekarang juga.

Mensyukuri Nikmat Hidayah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Para ulama menyebutkan bahwasanya seutama-utama rezeki dan ini adalah yang paling utama ditunjukkan dalam nama Allah, Ar-Razzaq, Yang Maha Pemberi Rizqi… Seutama-utama rezeki adalah rezeki yang berupa iman, hidayah untuk mengenal Islam, hidayah untuk dimudahkan berpegang teguh dengan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, hidayah untuk istiqomah di atas agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mari tingkatkan amal ibadah kita sebagai wujud syukur kita atas segala nikmat yang Allah berikan kepada kita, terutama nikmat Islam ini. Download ceramah agama “Mensyukuri Nikmat Hidayah” oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. sekarang juga. Rekaman dari siaran live Jumat, 24 Juli 2015, pukul 20:30 WIB.

Islam, Antara Loyalitas dan Disloyalitas – Al-Wala’ wal Bara’ (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ceramah ini adalah rekaman dari siaran live Radio Rodja dan Rodja TV pada yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin yang mengetengahkan tema tentang Islam, Antara Loyalitas dan Disloyalitas, yaitu yang sering akrab kita dengar istilahnya sebagai “Al-Wala’ wal Bara’. Sebuah materi aqidah yang insya Allah sangat bermanfaat bagi kita untuk dapat menyimaknya kembali atau bagi Anda yang ketinggalan menyimak siaran live-nya, maka silakan unduh rekamannya sekarang juga.

Berlebih-lebihan terhadap Kuburan Orang-Orang Shalih Menjadi Penyebab Dijadikannya Sesembahan selain Allah – Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

Silakan download dan simak rekaman kajian Kitab At-Tauhid, dengan pembahasan tentang “Berlebih-lebihan terhadap Kuburan Orang-Orang Shalih Menjadi Penyebab Dijadikannya Sesembahan selain Allah”

Disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdul Muhsin Al-Badr pada 19 Juli 2015. Semoga bermanfaat.

Agama adalah Nasihat – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Nasihat memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Islam. Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat yang bernama Tamim bin Aus Ad-Dari radhiyallahu ‘anhu disebutkan bawha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الدِّينُ النَّصِيحَةُ، قُلْنَا لِمَنْ؟ قَالَ: لِلَّهِ، وَلِكِتَابِهِ، وَلِرَسُولِهِ، وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ

“Agama itu adalah nasihat. Kami para sahabat bertanya: “Untuk siapa?” Beliau menjawab: “Untuk Allah, kitabNya, RasulNya, para pemimpin umat Islam, dan kaum muslimin secara umum”.” (HR Muslim)

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa:

“Hadits tersebut menunjukkan betapa nasihat itu berfungsi sangat penting sebagai penopang agama ini.”

Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Ihsan Al-Atsari, M.A. mengenai “Agama adalah Nasihat”, di dalam kajian yang beliau sampaikan pada 13 Juli 2015. Semoga bermanfaat.

Hari Raya Idul Fitri, Hari Kebahagiaan Kaum Muslimin – Khutbah Idul Fitri (Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

Khutbah Idul Fitri yang sangat menarik dengan tema “Hari Raya Idul Fitri, Hari Kebahagiaan Kaum Muslimin”, berdurasi sekitar 20 menit.

Disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja, M.A. pada tanggal 17 Juli 2015 atau bertepatan dengan 1 Syawal 1436 H, live dari Masjid Al-Barkah, komplek Radio Rodja dan RodjaTV.

Silakan simak dan download rekaman khutbah Idul Fitrinya, semoga bermanfaat.

Halaman 1 dari 10012345...102030...Akhir »
Juli 2015
S S R K J S M
« Jun    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Acara hari ini, Selasa:

00:00 - 01:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

01:00 - 02:00 Asatidz Kajian Tematik Rekaman

02:00 - 05:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

05:30 - 07:00 Ustadz Arman Amri, Lc Aqidah Prioritas Utama LIVE dari Bogor

07:00 - 08:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

08:00 - 09:00 Ustadz Abu Ihsan Al Maidany Ushul Manhaj Ahlus Sunnah LIVE dari Medan

09:00 - 10:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

10:00 - 11:30 Ustadz Firdaus Sanusi Bimbingan Keluarga Sakinah LIVE dari Studio Rodja TV

11:30 - 13:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

13:00 - 14:30 Ustadz Hamzah Abbas Bimbingan Bahasa Arab Jilid 2 Rekaman

14:30 - 16:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

18:00 - 19:00 Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc Tafsir Al Muyassar LIVE dari Masjid Al Barkah Cileungsi

19:00 - 20:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

20:00 - 21:30 Ustadz Ali Subana Bimbingan Tilawah Al Qur'an dan Tajwid LIVE dari Studio Rodja TV

21:30 - 22:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

22:00 - 23:30 Asatidz Kajian Tematik Rekaman

23:30 - 00:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

Radio Islam Indonesia

Shares
Share This