Radio Rodja 756 AM http://www.radiorodja.com Menebar Cahaya Sunnah Fri, 19 Dec 2014 10:02:27 +0000 id-ID hourly 1 http://wordpress.org/?v=4.1 Copyright © Radio Rodja 756 AM 2013 admin@radiorodja.com (Radio Rodja 756 AM) admin@radiorodja.com (Radio Rodja 756 AM) 1440 http://www.radiorodja.com/assets/img/rodja_podcast_144.jpg Radio Rodja 756 AM http://www.radiorodja.com/cms 144 144 Radio Rodja 756 AM Jabodetabek Kajian, ceramah agama Islam, murottal Al-Qur'an, hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, nasihat para ulama Ahlus Sunnah, dan resensi buku Islam berkualitas pilihan dapat Anda simak di Radio Rodja. kajian, murottal, murottal, al-quran, ceramah, agama, islam, ceramah, indonesia, islam, kajian, islam Radio Rodja 756 AM Radio Rodja 756 AM admin@radiorodja.com no no Memaksimalkan Manfaat Ibadah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.) http://www.radiorodja.com/memaksimalkan-manfaat-ibadah-ustadz-abdullah-taslim-ma/ http://www.radiorodja.com/memaksimalkan-manfaat-ibadah-ustadz-abdullah-taslim-ma/#comments Wed, 17 Dec 2014 08:10:11 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10488 Allah Maha Mengetahui, bahwa manusia butuh untuk imannya selalu dikuatkan setiap saat. Hamba-hambaNya sering menghadapi cobaan-cobaan, godaan setan, tarikan hawa nafsu yang demikian kuat dalam diri setiap hamba untuk berpaling dari petunjukNya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan ibadah.

Allah Ta'ala berfirman, “Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Ali ‘Imran [3]: 101)

Download ceramah oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. yang sarat akan nuansa muhasabah diri, "Memaksimalkan Manfaat Ibadah", rekaman siaran live Rabu, 17 Desember 2014.

Tulisan Memaksimalkan Manfaat Ibadah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Sebuah ceramah tematik di Radio Rodja dan Rodja TV dengan judul “Memaksimalkan Manfaat Ibadah“. Ceramah oleh Ustadz Abdullah Taslim ini disampaikan secara live pada Rabu siang, 24 Shafar 1436 / 17 Desember 2014. Dan kini, alhamdulillah, Anda dapat mendownload rekaman ceramah yang bertajuk tazkiyatun nufus / penyucian jiwa.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Memaksimalkan Manfaat Ibadah

Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan ibadah untuk kebaikan bagi diri manusia dalam segala bentuk kebaikan, kebaikan dalam urusan-urusan dunia, keberkahan hidup, tentu tidak terkecuali, bahkan lebih utama dari semua itu adalah kebaikan iman.

Allah Maha Mengetahui, bahwa manusia butuh untuk imannya selalu dikuatkan setiap saat. Hamba-hambaNya sering menghadapi cobaan-cobaan, godaan setan, tarikan hawa nafsu yang demikian kuat dalam diri setiap hamba untuk berpaling dari petunjukNya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan ibadah. Hukum-hukum yang berhubungan dengan kehidupan manusia yang diatur dalam agama tujuan utamanya tentu agar dengan sebab itu manusia akan selalu terbimbing dalam hidayah Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam setiap langkahnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

… وَمَن يَعْتَصِم بِاللّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ (آل عمران: ١٠١)

“Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Ali ‘Imran [3]: 101)

Download ceramah yang sarat akan muhasabah diri yang insya Allah akan sangat bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat kita.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim – Memaksimalkan Manfaat Ibadah

Share yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat pula bagi saudara-saudara Muslimin kita, juga bermanfaat pula bagi amal shalih kita.

Tulisan Memaksimalkan Manfaat Ibadah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/memaksimalkan-manfaat-ibadah-ustadz-abdullah-taslim-ma/feed/ 0 1:07:33 Allah Maha Mengetahui, bahwa manusia butuh untuk imannya selalu dikuatkan setiap saat. Hamba-hambaNya sering menghadapi cobaan-cobaan, godaan setan, tarikan hawa nafsu yang demikian kuat dalam diri setiap hamba untuk berpaling dari petunjukNya, maka[...] Allah Maha Mengetahui, bahwa manusia butuh untuk imannya selalu dikuatkan setiap saat. Hamba-hambaNya sering menghadapi cobaan-cobaan, godaan setan, tarikan hawa nafsu yang demikian kuat dalam diri setiap hamba untuk berpaling dari petunjukNya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan ibadah. Allah Ta'ala berfirman, “Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS Ali ‘Imran [3]: 101) Download ceramah oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. yang sarat akan nuansa muhasabah diri, "Memaksimalkan Manfaat Ibadah", rekaman siaran live Rabu, 17 Desember 2014. Tulisan Memaksimalkan Manfaat Ibadah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. Tematik admin@radiorodja.com no no
Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi – Bagian ke-1 – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji) http://www.radiorodja.com/pokok-pokok-ilmu-kesehatan-klasik-dan-tibun-nabawi-bagian-ke-1-dialog-kesehatan-herbal-sinse-abu-muhammad-faris-al-qiyanji/ http://www.radiorodja.com/pokok-pokok-ilmu-kesehatan-klasik-dan-tibun-nabawi-bagian-ke-1-dialog-kesehatan-herbal-sinse-abu-muhammad-faris-al-qiyanji/#comments Wed, 17 Dec 2014 05:10:41 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10458 Rekaman konsultasi kesehatan dari program Dialog Herbal bersama Sinse Abu Muhammad pada Rabu, 17 Desember 2014. Pada pembahasan kali beliau akan menjelaskan tentang "Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi (Bagian ke-1)". Silakan Anda download rekamannya sekarang juga.

Tulisan Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi – Bagian ke-1 – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Konsultasi kesehatan herbal oleh: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

Berikut ini merupakan rekaman program Dialog Herbal bersama Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji, yang disiarkan secara live pada Rabu pagi, 24 Shafar 1436 / 17 Desember 2014, pukul 10:00-11:30 WIB di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada pertemuan kali ini, beliau akan menjelaskan tentang “Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat

Program Dialog Kesehatan Herbal - Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Rabu pagi, 08:00-10:00 WIB



Status program Dialog Herbal: AKTIF

Ringkasan Dialog Kesehatan Herbal: Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi (Bagian ke-1)

Pada dasarnya ilmu kesehatan itu dibagi menjadi dua bagian, dan yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah pokok-pokok atau dasar dari ilmu kesehatan badan.

Pada prinsipnya, disusunnya pokok-pokok ilmu kesehatan ini adalah untuk mempermudah kita agar kita bisa mengatasi berbagai penyakit yang menimpa diri kita pada saat sakit, tentu saja dengan izin dari Allah Ta’ala.

Dan kita sebagai seorang muslim harus senantiasa yakin bahwa setiap penyakit pasti akan ada obatnya. Penyakit dari Allah, dan Dia lah yang akan menurunkan obatnya. Dan untuk mengetahui obat yang Allah turunkan tersebut, maka perlu adanya usaha untuk mencarinya, yaitu dengan mempelajari ilmu-ilmu kesehatan. Nah, dari sinilah nanti diperlukannya belajar mengenai pokok-pokok ilmu kesehatan.

Bagaimana penjelasan mengenai pokok-pokok ilmu kesehatan ini? Simak selengkapnya pembahasan konsultasi kesehatan bersama Sinse Abu Muhammad dengan mendownload rekaman konsultasi ini sekarang juga.

Dengarkan dan Download Sekarang Dialog Kesehatan Herbal – Sinse Abu Muhammad

Silakan bagikan tautan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat, terutama bagi saudara-saudara Muslimin kita yang sedang membutuhkannya juga sebagai amal ibadah kita.

Tulisan Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi – Bagian ke-1 – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/pokok-pokok-ilmu-kesehatan-klasik-dan-tibun-nabawi-bagian-ke-1-dialog-kesehatan-herbal-sinse-abu-muhammad-faris-al-qiyanji/feed/ 1 1:18:15 Rekaman konsultasi kesehatan dari program Dialog Herbal bersama Sinse Abu Muhammad pada Rabu, 17 Desember 2014. Pada pembahasan kali beliau akan menjelaskan tentang "Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi (Bagian ke-1)". Silakan Anda dow[...] Rekaman konsultasi kesehatan dari program Dialog Herbal bersama Sinse Abu Muhammad pada Rabu, 17 Desember 2014. Pada pembahasan kali beliau akan menjelaskan tentang "Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi (Bagian ke-1)". Silakan Anda download rekamannya sekarang juga. Tulisan Pokok-Pokok Ilmu Kesehatan Klasik dan Tibun Nabawi – Bagian ke-1 – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) http://www.radiorodja.com/perintah-untuk-menggunakan-kata-kata-yang-baik-saat-berbicara-dengan-manusia-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/ http://www.radiorodja.com/perintah-untuk-menggunakan-kata-kata-yang-baik-saat-berbicara-dengan-manusia-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/#comments Wed, 17 Dec 2014 00:20:15 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10453 Silakan download dan simak kajian dengan tema "Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia", yang merupakan pembahasan dari kitab Fiqhul Akhlak dan dibawakan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 17 Desember 2014. Semoga bermanfaat.

Tulisan Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Menahan Diri dalam Berbicara apabila Pembicaraan tersebut Tidak Ada Faidahnya. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 24 Shafar 1436 / 17 Desember 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia

Allah Ta’ala berfirman:

وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً

“Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia”. (QS Al-Baqarah [2]: 83)

Ini merupakan firman Allah Ta’ala yang menganjurkan kepada kita agar kita menggunakan kata-kata yang baik dan indah saat berbicara dengan orang lain. Dan hal itu merupakan salah satu adab berbicara.

Sering kali kita menyakiti hati orang lain dengan kata-kata yang kita keluarkan, dan hal yang seperti ini harus ditinggalkan dan dijauhi. Karena hal itu bisa jadi merupakan makar dari setan yang berusaha membuat perselisihan di antara kaum muslimin. Allah Ta’ala juga berfirman:

وَقُل لِّعِبَادِي يَقُولُواْ الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنزَغُ بَيْنَهُمْ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلإِنْسَانِ عَدُوّاً مُّبِيناً

“Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS Al-Isra [17]: 53)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tulisan Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/perintah-untuk-menggunakan-kata-kata-yang-baik-saat-berbicara-dengan-manusia-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/feed/ 0 1:17:33 Silakan download dan simak kajian dengan tema "Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia", yang merupakan pembahasan dari kitab Fiqhul Akhlak dan dibawakan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 17 Desember 201[...] Silakan download dan simak kajian dengan tema "Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia", yang merupakan pembahasan dari kitab Fiqhul Akhlak dan dibawakan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. pada 17 Desember 2014. Semoga bermanfaat. Tulisan Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Tafsir Surat Quraisy – Bagian ke-2, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) http://www.radiorodja.com/tafsir-surat-quraisy-bagian-ke-2-surat-al-fil-dan-surat-al-humazah-bagian-ke-1-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/ http://www.radiorodja.com/tafsir-surat-quraisy-bagian-ke-2-surat-al-fil-dan-surat-al-humazah-bagian-ke-1-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/#comments Tue, 16 Dec 2014 12:40:53 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10478 Mari simak dan download rekaman ceramah dari pembahasan Tafsir Surat Quraisy, Tafsir Surat Al-Fil, sekaligus Tafsir Surat Al-Humazah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara rutin dalam program kajian Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV. (Selasa, 16 Desember 2014)

Tulisan Tafsir Surat Quraisy – Bagian ke-2, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita lanjutkan kembali kajian tafsir kita bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam, yang telah berseri membahas tentang Tafsir Juz ‘Amma. Pekan sebelumnya, telah kita selesaikan Tafsir Surat Al-Ma’un (Bagian ke-2) dan Surat Quraisy (Bagian ke-1), sehingga pada kesempatan ini insya Allah kita akan melanjutkan sekaligus menyelesaikan Tafsir Surat Quraisy. Ceramah ini disampaikan live di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, pada Selasa malam, 24 Shafar 1436 / 16 Desember 2014, di mana detil pembahasan Tafsir Al-Quran kali ini adalah tentang Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1).

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Program Kajian Kitab Tafsir Al-Muyassar - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
PINDAH JAM TAYANG KE:

Selasa malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Tafsir Al-Muyassar: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Quraisy (106) dan Surat Al-Fil (105)

Pada tafsir Al-Quran ini membahas 3 surat, di antaranya Surat Quraisy, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah, yang berikut juga kami tampilkan ayat demi ayatnya agar Anda dapat dengan mudah mengikuti ceramah ini.

Surat Quraisy (106): 1-4

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (١) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ (٢) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (٣) الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ (٤)

“Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,(1) (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.(2) Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).(3) Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.(4)”

Tafsir Surat Al-Fil dimulai dari menit dan detik ke-16:22.

Surat Al-Fil (105): 1-5

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (١) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (٢) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْراً أَبَابِيلَ (٣) تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ (٤) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ (٥)

“Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?(1) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?(2) dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,(3) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,(4) lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Tafsir Surat Al-Humazah dimulai dari menit dan detik ke-39:54.

Surat Al-Humazah (104): 1-9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) …

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,(1) …”

Mari simak dan download rekaman ceramah dari pembahasan Tafsir Surat Quraisy, Tafsir Surat Al-Fil, sekaligus Tafsir Surat Al-Humazah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara rutin dalam program kajian Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar: Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1)

Share yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+, juga bagikan download ceramahnya ke saudara-saudara Muslimin kita. Semoga menjadi ladang amal bagi kita yang telah menebarkan kebaikan ini.

Tulisan Tafsir Surat Quraisy – Bagian ke-2, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/tafsir-surat-quraisy-bagian-ke-2-surat-al-fil-dan-surat-al-humazah-bagian-ke-1-kitab-tafsir-al-muyassar-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/feed/ 0 0:45:06 Mari simak dan download rekaman ceramah dari pembahasan Tafsir Surat Quraisy, Tafsir Surat Al-Fil, sekaligus Tafsir Surat Al-Humazah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara rutin dalam program kajian Tafsir Al-Muyassar [...] Mari simak dan download rekaman ceramah dari pembahasan Tafsir Surat Quraisy, Tafsir Surat Al-Fil, sekaligus Tafsir Surat Al-Humazah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara rutin dalam program kajian Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV. (Selasa, 16 Desember 2014) Tulisan Tafsir Surat Quraisy – Bagian ke-2, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.) http://www.radiorodja.com/pentingnya-menepati-janji-dan-keutamaan-menepati-janji-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/ http://www.radiorodja.com/pentingnya-menepati-janji-dan-keutamaan-menepati-janji-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/#comments Tue, 16 Dec 2014 05:10:29 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10438 Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Ihsan Al-Atsari, M.A. tentang "Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji", yang beliau sampaikan pada 16 Desember 2014. Semoga bermanfaat.

Tulisan Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Selasa, 23 Shafar 1435 / 16 Desember 2014. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji

Menepati janji termasuk akhlak mulia yang harus dimiliki setiap mukmin, dan ia menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki manusia. Sehingga meninggalkan sifat ini dari jiwa sama dengan melepaskan perikemanusiaan dari diri sendiri. Bahkan menurut Islam, orang yang menanggalkan sifat ini berarti telah menyemai benih-benih kemunafikan dalam dirinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

آية المنافق ثلاث إذا حدث كذب، وإذا وعد أخلف، وإذا اؤتمن خان

“Ciri-ciri orang munafik ada tiga: apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia tidak menepati, dan apabila diberi amanah ia berkhianat.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Menepati janji memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah:
1. Dibebeaskan dari kesulitan duniawi
2. Digolongkan sebagai hamba yang bertakwa
3. Mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah
4. Meraih surga Firdaus

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat menepati janji ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tulisan Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/pentingnya-menepati-janji-dan-keutamaan-menepati-janji-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/feed/ 0 0:57:16 Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Ihsan Al-Atsari, M.A. tentang "Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji", yang beliau sampaikan pada 16 Desember 2014. Semoga bermanfaat. Tulisan Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan [...] Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Ihsan Al-Atsari, M.A. tentang "Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji", yang beliau sampaikan pada 16 Desember 2014. Semoga bermanfaat. Tulisan Pentingnya Menepati Janji dan Keutamaan Menepati Janji – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman – Bagian ke-4 – Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.) http://www.radiorodja.com/wasiat-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-tentang-keadaan-orang-orang-yang-beriman-bagian-ke-4-aqidah-prioritas-utama-ustadz-arman-amri-lc/ http://www.radiorodja.com/wasiat-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-tentang-keadaan-orang-orang-yang-beriman-bagian-ke-4-aqidah-prioritas-utama-ustadz-arman-amri-lc/#comments Tue, 16 Dec 2014 01:10:19 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10435 Ceramah agama denga tema "Wasiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-4)", disampaikan oleh Ustadz Arman Amri, Lc. pada 16 Desember 2014 dari pembahasan kitab Al-Aqidatu Awwalan Lau Kanu Ya'lamun karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah. Silakan download rekaman kajiannya, semoga bisa memberi manfaat buat kita semua.

Tulisan Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman – Bagian ke-4 – Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam disampaikan oleh: Ustadz Arman Amri, Lc.

Kajian ini disiarkan live pada Selasa, 23 Shafar 1436 / 16 Desember 2014 pukul 05:30 – 07:00 WIB di Radio Rodja. Kajian yang disampaikan oleh Ustadz Arman Amri ini merupakan seri pembahasan kitab Al-Aqidatu Awwalan Lau Kanu Ya’lamun karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahidhafidzahullah. Pada kajian sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-3), dan kali ini, beliau akan melanjutkannya dengan tema “Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-4)“. Download ceramah agamanya lengkap dengan sesi tanya-jawabnya.

Ringkasan Ceramah: “Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-3)

Pada kajian kali ini, pembahasannya masih seputar hadits yang menggambarkan keadaan orang-orang yang beriman. Yang mana hadits ini diriwayatkan oleh sahabat Suhaib radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh mengagumkan urusan orang Mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik, dan hal itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali orang Mukmin. Jika dia mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, dan demikian itu lebih baik baginya. Jika ditimpa kesusahan, dia akan bersabar, dan demikian itu lebih baik baginya.” (HR Muslim)

Bagaimana penjelasan selengkapnya dari pembahasan wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini? Silakan download dan dengarkan kajiannya sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Al-Aqidah Awwalan Lau Kanu Ya’lamun

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.

Tulisan Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman – Bagian ke-4 – Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/wasiat-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-tentang-keadaan-orang-orang-yang-beriman-bagian-ke-4-aqidah-prioritas-utama-ustadz-arman-amri-lc/feed/ 0 0:45:28 Ceramah agama denga tema "Wasiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-4)", disampaikan oleh Ustadz Arman Amri, Lc. pada 16 Desember 2014 dari pembahasan kitab Al-Aqidatu Awwalan Lau Kanu Ya'lam[...] Ceramah agama denga tema "Wasiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-4)", disampaikan oleh Ustadz Arman Amri, Lc. pada 16 Desember 2014 dari pembahasan kitab Al-Aqidatu Awwalan Lau Kanu Ya'lamun karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah. Silakan download rekaman kajiannya, semoga bisa memberi manfaat buat kita semua. Tulisan Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman – Bagian ke-4 – Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Membawa Anak Kecil di Pundak, serta Anak adalah Penyejuk Mata – Hadits 83-87 – Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.) http://www.radiorodja.com/barangsiapa-yang-berangan-angan-semua-anak-perempuannya-mati-anak-adalah-penyebab-sifat-kikir-dan-pengecut-dst-hadits-83-87-kitab-adabul-mufrad-ustadz-dr-syafiq-riza-basalamah-ma/ http://www.radiorodja.com/barangsiapa-yang-berangan-angan-semua-anak-perempuannya-mati-anak-adalah-penyebab-sifat-kikir-dan-pengecut-dst-hadits-83-87-kitab-adabul-mufrad-ustadz-dr-syafiq-riza-basalamah-ma/#comments Mon, 15 Dec 2014 14:40:43 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10449 Pelajaran yang berharga dari sebuah kitab karya ulama ternama, Imam Al-Bukhari rahimahullah. Mari simak selengkapnya pembahasan 4 bab darinya, Bab 44-47, tentang Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak, serta Bab Anak adalah Penyejuk Mata dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga. (Senin, 15 Desember 2014)

Tulisan Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Membawa Anak Kecil di Pundak, serta Anak adalah Penyejuk Mata – Hadits 83-87 – Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Pembahasan kitab Adabul Mufrad pekan lalu, telah menyelesaikan 4 bab pembahasan tentang Maula Suatu Kaum termasuk dari Golongan Mereka, Barangsiapa yang Merawat 1 atau 2 Anak Perempuan, Barangsiapa yang Menanggung 3 Saudara Perempuan, serta Keutamaan Merawat Anak Perempuan yang Dikembalikan / Ditinggalkan Suaminya. Kemudian pada Senin malam, 23 Shafar 1436 / 15 Desember 2014, alhamdulillah dapat kita lanjutkan kembali kepada pembahasan berikutnya dari Hadits 83-87, di antaranya mencakup 4 bab:
1. Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati (Bab ke-44),
2. Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut (Bab ke-45),
3. Bab Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak (Bab ke-46), serta
4. Bab Anak adalah Penyejuk Mata (Bab ke-47).
Mari jangan sampai kita lewatkan pembahasan seputar akhlak dan adab yang semoga semakin memperbagusi pula Islam dan iman kita saat kita mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja

Simak program ini hanya di Radio Rodja setiap:

Senin malam, 20:00-21:30 WIB



Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad

Bab ke-44: Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati (باب من كره أن يتمنى موت البنات)

[02:11]

Hadits ke-83: Larangan Membunuh Anak Perempuan (Atsar Dha’if)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma:

أَنَّ رَجُلا كَانَ عِنْدَهُ ، وَلَهُ بَنَاتٌ ، فَتَمَنَّى مَوْتَهُنَّ ، فَغَضِبَ ابْنُ عُمَرَ ، فَقَالَ : أَنْتَ تَرْزُقُهُنَّ ؟

“Ada seseorang yang berada di majelis ‘Abdullah bin ‘Umar, lelaki ini memiliki anak-anak perempuan, dan dia berandai-andai anak-anaknya tersebut mati. Ibnu ‘Umar marah, dan berkata, “Apakah engkau yang memberi makan mereka?””

Atsar ini walaupun sanadnya dha’if, tapi ada satu faedah yang bisa kita petik darinya.

Allah Ta’ala berfirman:

… وَلاَ تَقْتُلُواْ أَوْلاَدَكُم مِّنْ إمْلاَقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ … (الأنعام: ١٥١)

“… Dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka, …” (QS Al-An’am: 151)

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَوْلادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُم إنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْءاً كَبِيراً (الإسراء: ٣١)

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (QS Al-Isra': 31)

Bab ke-45: Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut (باب الولد مبخلة مجبنة)

[13:59]

Hadits ke-84: Cinta Abu Bakar kepada ‘Umar bin Al-Khaththab Radhiyallahu ‘anhuma

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

قَالَ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَوْمًا : وَاللَّهِ مَا عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ رَجُلٌ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ عُمَرَ ، فَلَمَّا خَرَجَ رَجَعَ ، فَقَالَ : كَيْفَ حَلَفْتُ أَيْ بُنَيَّةُ ؟ فَقُلْتُ لَهُ ، فَقَالَ : أَعَزُّ عَلَيَّ ، وَالْوَلَدُ أَلْوَطُ

“Pada suatu hari Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu berkata: “Demi Allah, tidak ada di muka bumi ini seseorang yang lebih aku cintai daripada ‘Umar.” Kemudian Abu Bakar keluar dan kembali lagi, dia bertanya, “Wahai putriku, bagaimana aku tadi bersumpah?” Maka aku (‘Aisyah) mengatakan apa yang dia katakan tadi. Kemudian Abu Bakar berkata meralat, “Dia yang lebih mulia untukku, tetapi anak itu lebih dekat di hati.””

Jadi, kecintaan seseorang terhadap sahabatnya, tidak sama dengan kecintaan kepada anaknya, karena kecintaan kepada anak itu lengket, tidak ada habisnya.

Bab ke-46: Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak (باب حمل الصبي على العاتق)

[32:14]

Hadits ke-86: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam Mencintai Hasan Radhiyallahu ‘anhu

Dari Al-Barra bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menggendong Hasan di pundaknya sambil beliau bersabda:

اللَّهُمَّ إِنِّي أُحِبُّهُ فَأَحِبَّهُ

“Ya Allah, aku cinta kepada dia, maka cintailah dia.”

Bab ke-47: Bab Anak adalah Penyejuk Mata (باب الولد قرة العين)

[36:06]

Hadits ke-87: Doa Istri dan Anak Menjadi Penyejuk Mata (Atsar Shahih)

Dari Jubair bin Nufair radhiyallahu ‘anhu:

جَلَسْنَا إِلَى الْمِقْدَادِ بْنِ الأَسْوَدِ يَوْمًا ، فَمَرَّ بِهِ رَجُلٌ ، فَقَالَ : طُوبَى لِهَاتَيْنِ الْعَيْنَيْنِ اللَّتَيْنِ رَأَتَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَاللَّهِ لَوَدِدْنَا أَنَّا رَأَيْنَا مَا رَأَيْتَ ، وَشَهِدْنَا مَا شَهِدْتَ ، فَاسْتُغْضِبَ ، فَجَعَلْتُ أَعْجَبُ ، مَا قَالَ إِلا خَيْرًا ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْهِ ، فَقَالَ : مَا يَحْمِلُ الرَّجُلُ عَلَى أَنْ يَتَمَنَّى مُحْضَرًا غَيَّبَهُ اللَّهُ عَنْهُ ؟ لا يَدْرِي لَوْ شَهِدَهُ كَيْفَ يَكُونُ فِيهِ ؟ وَاللَّهِ ، لَقَدْ حَضَرَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْوَامٌ كَبَّهُمُ اللَّهُ عَلَى مَنَاخِرِهِمْ فِي جَهَنَّمَ ، لَمْ يُجِيبُوهُ وَلَمْ يُصَدِّقُوهُ ، أَوَلا تَحْمَدُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِذْ أَخْرَجَكُمْ لا تَعْرِفُونَ إِلا رَبَّكُمْ ، فَتُصَدِّقُونَ بِمَا جَاءَ بِهِ نَبِيُّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَدْ كُفِيتُمُ الْبَلاءَ بِغَيْرِكُمْ ، وَاللَّهِ لَقَدْ بُعِثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَشَدِّ حَالٍ بُعِثَ عَلَيْهَا نَبِيٌّ قَطُّ ، فِي فَتْرَةٍ وَجَاهِلِيَّةٍ ، مَا يَرَوْنَ أَنَّ دِينًا أَفْضَلُ مِنْ عِبَادَةِ الأَوْثَانِ ، فَجَاءَ بِفُرْقَانٍ فَرَّقَ بِهِ بَيْنَ الْحَقِّ وَالْبَاطِلِ ، وَفَرَّقَ بِهِ بَيْنَ الْوَالِدِ وَوَلَدِهِ ، حَتَّى إِنْ كَانَ الرَّجُلُ لَيَرَى وَالِدَهُ أَوْ وَلَدَهُ أَوْ أَخَاهُ كَافِرًا ، وَقَدْ فَتْحَ اللَّهُ قُفْلَ قَلْبِهِ بِالإِيمَانِ ، وَيَعْلَمُ أَنَّهُ إِنْ هَلَكَ دَخَلَ النَّارَ ، فَلا تَقَرُّ عَيْنُهُ ، وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّ حَبِيبَهُ فِي النَّارِ ، وَإِنَّهَا لِلَّتِي قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ سورة الفرقان آية 74

“Pada suatu hari kita duduk bersama Al-Miqdad bin Al-Aswad radhiyallahu ‘anhu, tiba-tiba ada seseorang menghampiri, lalu berkata, “Betapa baiknya dua bola mata ini (dua bola mata Al-Miqdad bin Al-Aswad), yang keduanya pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Demi Allah, kita sangat ingin melihat apa yang telah engkau lihat, dan kita turut hadir di tempat-tempat yang engkau pernah hadir (Perang Badar, Perang Uhud, dst.).” Al-Miqdad marah dengan perkatan orang tersebut, sehingga aku (Jubair bin Nufair) jadi kebingungan (kenapa Al-Miqdad marah), padahal perkataan orang tersebut baik. Maka akhirnya Miqdad bin Aswad menghadap kepada orang tersebut dan berkata kepada dia, “Apa yang mendorong seseorang itu untuk berangan-angan hadir di tempat yang Allah membuatnya tidak hadir di tempat itu? Dia itu tidak tahu, kalau andai kata dia hidup di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, siapa yang menjamin dia dalam kondisi beriman? Demi Allah, bahwasanya telah hadir di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam banyak orang yang mereka dimasukkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala ke dalam api neraka Jahannam (seperti Abu Jahal, Abu Lahab, dan ‘Abdullah bin Ubai bin Salul) …”

Pelajaran yang berharga dari sebuah kitab karya ulama ternama, Imam Al-Bukhari rahimahullah. Mari simak selengkapnya pembahasan 4 bab darinya, Bab 44-47, tentang Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak, serta Bab Anak adalah Penyejuk Mata dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Rekaman Kajian Kitab Adabul Mufrad: Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak, serta Bab Anak adalah Penyejuk Mata (Hadits 83-87)

Ayo share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menjadi penambah amal shalih dan pahala bagi Anda yang telah membagikan kebaikan ini. Aamiin.

Tulisan Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Membawa Anak Kecil di Pundak, serta Anak adalah Penyejuk Mata – Hadits 83-87 – Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/barangsiapa-yang-berangan-angan-semua-anak-perempuannya-mati-anak-adalah-penyebab-sifat-kikir-dan-pengecut-dst-hadits-83-87-kitab-adabul-mufrad-ustadz-dr-syafiq-riza-basalamah-ma/feed/ 0 1:20:16 Pelajaran yang berharga dari sebuah kitab karya ulama ternama, Imam Al-Bukhari rahimahullah. Mari simak selengkapnya pembahasan 4 bab darinya, Bab 44-47, tentang Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Bab Anak adalah Penye[...] Pelajaran yang berharga dari sebuah kitab karya ulama ternama, Imam Al-Bukhari rahimahullah. Mari simak selengkapnya pembahasan 4 bab darinya, Bab 44-47, tentang Bab Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Bab Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Bab Menggendong Anak Kecil di Pundak, serta Bab Anak adalah Penyejuk Mata dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga. (Senin, 15 Desember 2014) Tulisan Barangsiapa yang Berangan-Angan Semua Anak Perempuannya Mati, Anak adalah Penyebab Sifat Kikir dan Pengecut, Membawa Anak Kecil di Pundak, serta Anak adalah Penyejuk Mata – Hadits 83-87 – Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah – Bagian ke-1 – Kajian Aqidah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.) http://www.radiorodja.com/makna-dan-konsekuensi-kalimat-hauqalah-bagian-ke-1-kajian-aqidah-ustadz-abdullah-zaen-ma/ http://www.radiorodja.com/makna-dan-konsekuensi-kalimat-hauqalah-bagian-ke-1-kajian-aqidah-ustadz-abdullah-zaen-ma/#comments Mon, 15 Dec 2014 04:30:47 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10417 Kajian Aqidah bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. dengan tema "Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah (Bagian ke-1)", yang disiarkan secara live pada Senin pagi, 15 Desember 2014, pukul 10:00 WIB, silakan download rekaman kajiannya. Semoga bermanfaat.

Tulisan Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah – Bagian ke-1 – Kajian Aqidah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Berikut ini, rekaman MP3 kajian aqidah bersama Ustadz Abdullah Zaen yang rutin diselenggarakan tiap Senin pagi, kajian ini disiarkan live pada Senin pagi, 22 Shafar 1435 / 15 Desember 2014, pukul 10:00-11:00 WIB. Pada kajian kali ini, beliau menyampaikan kajian dengan tema “Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah (Bagian ke-1)“, setelah sebelumnya menjelaskan tentang Keutamaan Kalimat Hauqalah (Bagian ke-3). Silakan, Anda dapat download rekaman kajiannya atau dengarkan langsung.

Download Ceramah Agama: Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk membagikan link download ceramah kepada saudara-saudara kita melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah membalas amal kebaikan kita. Aamiin.

Tulisan Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah – Bagian ke-1 – Kajian Aqidah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/makna-dan-konsekuensi-kalimat-hauqalah-bagian-ke-1-kajian-aqidah-ustadz-abdullah-zaen-ma/feed/ 0 0:45:03 Kajian Aqidah bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. dengan tema "Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah (Bagian ke-1)", yang disiarkan secara live pada Senin pagi, 15 Desember 2014, pukul 10:00 WIB, silakan download rekaman kajiannya. Semoga bermanfaat[...] Kajian Aqidah bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. dengan tema "Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah (Bagian ke-1)", yang disiarkan secara live pada Senin pagi, 15 Desember 2014, pukul 10:00 WIB, silakan download rekaman kajiannya. Semoga bermanfaat. Tulisan Makna dan Konsekuensi Kalimat Hauqalah – Bagian ke-1 – Kajian Aqidah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 977-980 – TPP: Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) http://www.radiorodja.com/silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-hadits-977-980-tpp-hal-yang-paling-banyak-memasukan-manusia-ke-dalam-surga-dan-neraka-keutamaan-menyambung-silaturahim-dan-seterusnya/ http://www.radiorodja.com/silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-hadits-977-980-tpp-hal-yang-paling-banyak-memasukan-manusia-ke-dalam-surga-dan-neraka-keutamaan-menyambung-silaturahim-dan-seterusnya/#comments Sun, 14 Dec 2014 13:10:11 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10379 Kajian kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang disampaikan pada Ahad, 14 Desember 2014, dan membahas hadits ke-977 hingga ke-980, yaitu hadits tentang "Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya". Silakan download dan simak kajian yang sangat bermanfaat ini.

Tulisan Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 977-980 – TPP: Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah seri pembahasan hadits-hadits shahih yang dikumpulkan dalam sebuah kitab populer berjudul Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Sebelumnya, telah diselesaikan pembahasan dari hadits 974-976, maka pada kesempatan ini, kita akan berlanjut kepada Hadits 977-980. Ceramah ini disampaikan pada Ahad malam, 14 Desember 2014 / 22 Shafar 1436, ba’da Maghrib dan dilanjut setelah shalat Isya’.

Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-977: Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أكثر ما يدخل الناس الجنة تقوى الله وحسن الخلق وأكثر ما يدخل الناس النار الفم و الفرج

“Yang banyak memasukan manusia ke dalam surga yaitu takwa kepada Allah dan akhlak yang baik. Dan yang banyak memasukan manusia ke dalam api neraka yaitu mulut dan kemaluan.” (Hadits hassan diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Hadits ke-978: Keutamaan Menyambung Silaturahim

ليس شيء أطيع الله فيه أعجل ثوابا من صلة الرحم وليس شيء أعجل عقابا من البغي وقطيعة الرحم واليمين الفاجرة تدع الديار بلاقع

“Tidak ada sesuatu pun yang Allah ditaati dengannya, yang lebih cepat pahalanya dari silaturahim. Dan tidak ada sesuatu pun amalan yang paling cepat siksanya dari berbuat zalim dan memutuskan silaturahim. Dan sumpah yang palsu (jahat) menyebabkan negri-negri kering kerontang.” (HR Al-Baihaqi)

Simak penjelasan dari hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah tersebut, dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-977 hingga ke-980

Mari share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Tulisan Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 977-980 – TPP: Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-hadits-977-980-tpp-hal-yang-paling-banyak-memasukan-manusia-ke-dalam-surga-dan-neraka-keutamaan-menyambung-silaturahim-dan-seterusnya/feed/ 0 1:09:37 Kajian kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang disampaikan pada Ahad, 14 Desember 2014, dan membahas hadits ke-977 hingga ke-980, yaitu hadits tentang "Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan [...] Kajian kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang disampaikan pada Ahad, 14 Desember 2014, dan membahas hadits ke-977 hingga ke-980, yaitu hadits tentang "Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya". Silakan download dan simak kajian yang sangat bermanfaat ini. Tulisan Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 977-980 – TPP: Hal yang Paling Banyak Memasukan Manusia ke Dalam Surga dan Neraka, Keutamaan Menyambung Silaturahim, dan Seterusnya (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. admin@radiorodja.com no no
Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima: Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr) http://www.radiorodja.com/dosa-kedua-puluh-empat-dan-kedua-puluh-lima-kebiasaan-berdusta-dan-bunuh-diri-kitab-al-kabair-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-al-badr/ http://www.radiorodja.com/dosa-kedua-puluh-empat-dan-kedua-puluh-lima-kebiasaan-berdusta-dan-bunuh-diri-kitab-al-kabair-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-al-badr/#comments Sun, 14 Dec 2014 11:10:50 +0000 http://www.radiorodja.com/?p=10397 Silakan download dan simak rekaman kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdul Muhsin Al-Badr pada 14 Desember 2014. Yang kali ini membahas tentang "Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima (Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri)". Semoga bermanfaat.

Tulisan Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima: Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 21 Shafar 1436 / 14 Desember 2014. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Kedua Puluh Satu hingga Kedua Puluh Tiga (Mencuri, Merampok, dan Sumpah Palsu)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima (Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima

Dosa Kedua Puluh Empat: Kebiasaan Berdusta

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ثُمَّ نَبْتَهِلْ فَنَجْعَل لَّعْنَةَ اللّهِ عَلَى الْكَاذِبِينَ

“Kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya la’nat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.” (QS Ali Imran [3]: 61)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman lagi:

قُتِلَ الْخَرَّاصُونَ

“Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta.” (QS Adz-Dzariyat [51]: 10)

Dosa Kedua Puluh Lima: Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan hal yang diharamkan di dalam Islam, dan ia termasuk dosa besar. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيماً، وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَاناً وَظُلْماً فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَاراً وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيراً

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS An-Nisa [4]: 29-30)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Tulisan Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima: Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

]]>
http://www.radiorodja.com/dosa-kedua-puluh-empat-dan-kedua-puluh-lima-kebiasaan-berdusta-dan-bunuh-diri-kitab-al-kabair-syaikh-prof-dr-abdur-razzaq-al-badr/feed/ 0 1:01:55 Silakan download dan simak rekaman kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdul Muhsin Al-Badr pada 14 Desember 2014. Yang kali ini membahas tentang "Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima (Kebiasaan B[...] Silakan download dan simak rekaman kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdul Muhsin Al-Badr pada 14 Desember 2014. Yang kali ini membahas tentang "Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima (Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri)". Semoga bermanfaat. Tulisan Dosa Kedua Puluh Empat dan Kedua Puluh Lima: Kebiasaan Berdusta dan Bunuh Diri – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM. Al-Kabaair admin@radiorodja.com no no