Telegram Rodja Official

Tematik

Pentingnya Pendidikan dalam Islam – Muqaddimah dari Talkshow Ma’had Ihya As-Sunnah Tasikmalaya (Ustadz Abu Qatadah)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Ceramah berjudulkan “Pentingnya Pendidikan dalam Islam” ini disampaikan oleh Ustadz Abu Qatadah sebagai muqaddimah dalam Talkshow bersama Ma’had Ihya As-Sunnah Tasikmalaya, di mana Al-Ustadz adalah mudir / kepala lembaga pendidikan tersebut. Bahasan ilmiah ini disampaikan pada Sabtu pagi, 13 Shafar 1436 / 6 Desember 2014 di Radio Rodja dan Rodja TV. Dan kini, walhamdulillah Anda dapat mendownload rekamannya sekaligus menuai banyak manfaat darinya, bi’idznillah.

Ringkasan Ceramah Agama: Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Sesungguhnya pendidikan di dalam Islam tidak terbatas pada pendidikan anak. Akan tetapi, pendidikan di dalam Islam adalah kebutuhan seluruh manusia. Dengan itu, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus para Nabi dan Rasul serta menurunkan kitab-kitabNya, salah satu tujuan utama dan pokoknya adalah mendidik manusia.

Dan kita pun mengetahui salah satu nama Allah adalah Ar-Rabb. Dan di antara bagian dari tauhid yang dipahami dan diajarkan oleh Ahlus Sunnah adalah tauhid Rububiyyah, tauhid Uluhiyyah, dan tauhid Asma wa Shifat. Merupakan kesempurnaan Allah Ta’ala sebagai Rabb, pengatur, pencipta, dan pemilik alam semesta ini, yang menciptakan, memiliki, dan mengatur kita semua, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan bagi manusia itu peraturan / hukum. Dan agar manusia ini melaksanakan hukum Allah dan mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka Allah mengutus para Nabi dan Rasul, yang tujuan diutusnya para Nabi dan Rasul adalah (untuk) mengajari / membimbing manusia ini ke jalan yang benar.

Baca Juga:
Romantisme dalam Keluarga Muslim (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Dengan itu, Allah berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ (الصف: ٩)

“Dia-lah yang mengutus RasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci.” (QS Ash-Shaff [61]: 9)

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاً مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ (الجمعة: ٢)

“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayatNya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,” (QS Al-Jumu’ah [62]: 2)

Mari simak seluk-beluk nan ringkas tentang pentingnya pendidikan dalam Islam yang diuraikan secara ilmiah dan insya Allah penuh manfaat. Tunggu apa lagi, downlaod ceramah ini sekarang juga!

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Mari menambah amal kebaikan kita di sisi Allah dengan turut menyebarkan / share kebaikan ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.