Masjid Al-Barkah

Kajian Keluarga

Mengapa Anak Berbohong – Bagian ke-3 – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  |  pukul 11:10 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:12 am

Tautan: https://rodja.id/4h4

Ceramah agama islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ceramah tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak), di mana pada kesempatan yang telah lalu, kita telah menyelesaikan bahasan tentang Mengapa Anak Berbohong, yaitu bagian ke-1 dan bagian ke-2. Maka pada kesempatan ilmiah yang live pada Senin pagi, 15 Dzulhijjah 1436 / 8 Desember 2014, pukul 10:00-11:00 WIB, kita dapat berlanjut dengan pembahasan bagian ketiganya, atau lengkapnya kita kali ini mempelajari tentang Mengapa Anak Berbohong (Bagian ke-3). Ceramah ini adalah bagian dari program Kajian Keluarga bersama Ustadez Abdullah Zaen yang live rutin di Radio Rodja dan Rodja TV. Selamat mengikuti pembahasan penuh manfaat ini…

[sc:status-kajian-keluarga-ustadz-abdullah-zaen-2013]

Ringkasan Ceramah Kajian Keluarga (Fiqin Pendidikan Anak: Mengapa Anak Berbohong (Bagian ke-2)

Penyebab ke-5 mengapa anak berbohong (adalah) tujuannya untuk mendapatkan pengakuan orang. Jadi, kadang-kadang anak bohong itu sebabnya karena dia mencari / ingin mendapatkan pengakuan. Pengakuan itu bisa jadi pengakuan orang tuanya, gurunya, atau pengakuan orang-orang yang dia ingin cari pengakuannya, entah itu kakaknya, adiknya, saudaranya, atau temannya.

Anak itu suka mendapatkan perhatian, suka mana kala dia dikagumi oleh orang lain, sehingga terkadang anak-anak itu menceritakan hal-hal yang aneh-aneh, yang fiktif (tidak ada kenyataannya), atau sesuatu yang imajinatif, yaitu sesuatu yang dia tidak pernah lakukan. Tujuannya adalah supaya dia mendapatkan pengakuan.

Baca Juga:
Menghadapi Remaja Dengan Cara Berdialog

Contohnya, anak bercerita, “Saya habis dari Jakarta,” “Saya habis jalan-jalan ke Taman Mini,” padahal dia kemarin tidak kemana-mana. Teman-temannya pada kagum, mendengarkan apa yang dia ceritakan. Ini semuanya karena dia ingin mendapatkan pengakuan.

Mari menyimak lanjutan bahasan seri ceramah tentang pendidikan anak bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Pendidikan Anak: Mengapa Anak Berbohong (Bagian ke-3)

Share yuk ceramah fiqih pendidikan anak ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menambah pahala Anda seiring semakin banyak Muslimin yang menyimak dan memetik hikmah dari ceramah ini. Aamiin.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.