Telegram Rodja Official

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Quraisy – Bagian ke-2, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, dapat kita lanjutkan kembali kajian tafsir kita bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam, yang telah berseri membahas tentang Tafsir Juz ‘Amma. Pekan sebelumnya, telah kita selesaikan Tafsir Surat Al-Ma’un (Bagian ke-2) dan Surat Quraisy (Bagian ke-1), sehingga pada kesempatan ini insya Allah kita akan melanjutkan sekaligus menyelesaikan Tafsir Surat Quraisy. Ceramah ini disampaikan live di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, pada Selasa malam, 24 Shafar 1436 / 16 Desember 2014, di mana detil pembahasan Tafsir Al-Quran kali ini adalah tentang Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1).

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Quraisy (106), Surat Al-Fil (105), dan Surat Al-Humazah (104)

Pada tafsir Al-Quran ini membahas 3 surat, di antaranya Surat Quraisy, Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah, yang berikut juga kami tampilkan ayat demi ayatnya agar Anda dapat dengan mudah mengikuti ceramah ini.

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1207-1213 - TPP: Larangan Minum Langsung dari Mulut Kendi, Perintah Beristighfar, hingga Keutamaan Shalat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Surat Quraisy (106): 1-4

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (١) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ (٢) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (٣) الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ (٤)

“Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,(1) (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.(2) Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).(3) Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.(4)”

Tafsir Surat Al-Fil dimulai dari menit dan detik ke-16:54.

Surat Al-Fil (105): 1-5

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (١) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (٢) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْراً أَبَابِيلَ (٣) تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ (٤) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍ (٥)

“Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?(1) Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?(2) dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,(3) yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,(4) lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Tafsir Surat Al-Humazah dimulai dari menit dan detik ke-40:26.

Surat Al-Humazah (104): 1-9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Baca Juga:
Bab Shalat tidak Diterima tanpa Wudhu - Hadits 135-137 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) …

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,(1) …”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1)

Tafsir Surat Quraisy

Allah Ta’ala berfirman:

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (قريش: ١)

“Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,” (QS Quraisy [106]: 1)

“Li” di sini (pada “لِإِيلَافِ …“, kata Ibnu Jarir, maknanya adalah “لام التعجب“, yaitu takjub. Seakan-akan Allah berfirman: “اعجبوا لإيلاف قريش“, artinya: “Takjublah kalian terhadap kebiasaan orang Quraisy itu.” Apa itu kebiasaannya?

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاء وَالصَّيْفِ (قريش: ٢)

“(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.” (QS Quraisy [106]: 2)

Sudah disebutkan, bahwa di musim dingin, orang-orang Quraisy pergi menuju Yaman dan di musim panas, orang-orang Quraisy pergi menuju Syam untuk berdagang, dan mereka selama di perjalanan diberikan keamanan karena pada waktu itu orang-orang Arab sangat menghormati Quraisy. Kemudian Allah Ta’ala membimbing mereka untuk mensyukuri nikmat ini. Kata Ibnu Katsir:

ثم أرشدهم إلى شكر هذه النعمة العظيمة فقال :
“Kemudian Allah membimbing mereka untuk mensyukuri nikmat yang besar ini. Allah berfirman:”

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (قريش: ٣)

“Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).” (QS Quraisy [106]: 1)

Mari simak dan download rekaman ceramah dari pembahasan Tafsir Surat Quraisy, Tafsir Surat Al-Fil, sekaligus Tafsir Surat Al-Humazah. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. secara rutin dalam program kajian Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV.

Baca Juga:
Mengenal Nama Allah Al-Qudus As-Salam - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar: Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1)

Share yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+, juga bagikan download ceramahnya ke saudara-saudara Muslimin kita. Semoga menjadi ladang amal bagi kita yang telah menebarkan kebaikan ini.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.