Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Pentingnya Sifat Tawadhu’ – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Perintah untuk Menggunakan Kata-Kata yang Baik saat Berbicara dengan Manusia. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Pentingnya Sifat Tawadhu’“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 2 Rabiul Awwal 1436 / 24 Desember 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pentingnya Sifat Tawadhu’

Setiap muslim harus mempunyai sifat tawadhu’ ketika bermu’alamah dengan manusia. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْاْ إِلَى كَلَمَةٍ سَوَاء بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلاَّ نَعْبُدَ إِلاَّ اللّهَ وَلاَ نُشْرِكَ بِهِ شَيْئاً وَلاَ يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضاً أَرْبَاباً مِّن دُونِ اللّهِ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَقُولُواْ اشْهَدُواْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

“Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah”. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.” (QS Ali Imran [3]: 64)

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1384-1389 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Di ayat ini Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan kepada kita tentang adab berbicara dan keharusan kita agar bersikap tawadhu ketika berbicara dengan orang lain. Dahulu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirim surat kepada Heraklius, beliau menggunakan kata-kata dan bahasa yang halus dan sopan tanpa menunjukan sifat sombong sedikit pun.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pentingnya Sifat Tawadhu’

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.