Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu – Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman khutbah Jumat yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, pada Jumat, 4 Rabiul Awwal 1436 / 26 Desember 2014. Dalam khutbah ini, Ustadz Ali Musri menyampaikan materi tentang “Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu”. Anda bisa segera download khutbah Jumat yang bermanfaat ini dan semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu

Tak terasa waktu berjalan begitu cepatnya, begitu terasa berlalu hari-hari ini tanpa kita rasakan, namun apa yang telah kita dapatkan dari semua itu?

Setiap muslim sudah sewajarnya untuk senantiasa muhasabah atau menghitung-hitung apa saja yang telah kita perbuat untuk diri kita pada waktu-waktu yang lalu. Baik itu dari sisi ilmu, amal, dakwah, menjalankan sunnah, mendalami tauhid, atau dari sisi yang lainnya.

Apakah di waktu yang lalu kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk memperhatikan jabatan, profesi, kekayaan, ketenaran, dan hal-hal duniawi yang lainnya?

Sejauh mana perhatian kita terhadap perkara akhirat yang merupakan suatu kepastian?

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyebutkan di dalam banyak ayat bahwa di dalam pergantian waktu, perputaran zaman, pergantian siang dan malam itu terdapat ibroh atau pelajaran bagi orang-orang yang berakal. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Pentingnya Menjaga Pohon Keimanan di Dalam Hati (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (QS Ali Imran [3]: 190)

Orang yang berakal tentunya akan mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari penciptaan langit dan bumi serta silih bergantinya siang dan malam. Kemudian hikmah dan pelajaran tersebut dijadikan olehnya sebagai pedoman dan petunjuk arah bagi kehidupannya di dunia ini. Yang pada akhirnya hal itu akan menjauhkan dirinya dari sifat lalai terhadap apa yang terjadi di waktu-waktu yang dilaluinya.

Apa saja hikmah dan pelajaran dari pergantian waktu? Silakan simak penjelasan Ustadz Ali Musri mengenai hal ini di dalam rekaman khutbah Jumat singkat ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Hikmah dan Pelajaran dari Pergantian Waktu

Mari raih kebaikan dengan membagikan link download khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun melalui akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat, jazakumullah khairan.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.