Telegram Rodja Official

Al-'Aqiidatu Awwalan Lau Kaanuu Ya'lamuun (Aqidah Prioritas Utama)

Sifat-Sifat Para Penghuni Surga – Bagian ke-1 – Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

By  |  pukul 8:46 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 31 Desember 2014 pukul 9:04 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10679

Ceramah agama Islam disampaikan oleh: Ustadz Arman Amri, Lc.

Kajian ini disiarkan live pada Selasa, 8 Rabiul Awwal 1436 / 30 Desember 2014 pukul 05:30 – 07:00 WIB di Radio Rodja. Kajian yang disampaikan oleh Ustadz Arman Amri ini merupakan seri pembahasan kitab Al-Aqidatu Awwalan Lau Kanu Ya’lamun karya Syaikh Abu Islam Shalih bin Thaha Abdul Wahidhafidzahullah. Pada kajian sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang Wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Keadaan Orang-Orang yang Beriman (Bagian ke-4), dan kali ini, beliau akan melanjutkannya dengan tema “Sifat-Sifat Para Penghuni Surga (Bagian ke-1)“. Download ceramah agamanya lengkap dengan sesi tanya-jawabnya.

Ringkasan Ceramah: “Sifat-Sifat Para Penghuni Surga (Bagian ke-1)

Berkaitan dengan para penghuni surga, maka salah satu hal yang harus kita yakini adalah ada beberapa golongan orang yang sudah pasti menjadi para penghuni surga. Yang pertama mereka yang sudah pasti menjadi penghuni surga adalah para nabi dan rasul. Kemudian golongan berikutnya adalah para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Para penghuni surga tentunya memiliki sifat-sifat yang mulia. Di antara sifat-sifat para penghuni surga adalah mereka bersemangat dalam menuntut ilmu. Mereka-mereka yang mempelajari ilmu agama akan berpotensi untuk menjadi penghuni surga Allah.

Baca Juga:
Aqidah Ahlus Sunnah Mengingkari Sekte Sesat Dalam Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَفَمَن يَعْلَمُ أَنَّمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَبِّكَ الْحَقُّ كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ، الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللّهِ وَلاَ يِنقُضُونَ الْمِيثَاقَ، وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللّهُ بِهِ أَن يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الحِسَابِ، وَالَّذِينَ صَبَرُواْ ابْتِغَاء وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَأَنفَقُواْ مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً وَعَلاَنِيَةً وَيَدْرَؤُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُوْلَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ، جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ وَالمَلاَئِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِم مِّن كُلِّ بَابٍ، سَلاَمٌ عَلَيْكُم بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ

“Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran. (yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian. Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan , dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik). (Yaitu) syurga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu. (Sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum” . Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS Ar-Ra’d [13]: 19-24)

Baca Juga:
Islam Adalah Agama Yang Allah Ridhai

Bagaimana penjelasan selengkapnya dari pembahasan “Sifat-Sifat Para Penghuni Surga” ini? Silakan download dan dengarkan kajiannya sekarang juga. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Al-Aqidah Awwalan Lau Kanu Ya’lamun

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 ÷ 63 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.