Telegram Rodja Official

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Humazah – Bagian ke-2 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:40 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 02 Maret 2017 pukul 8:28 am

Tautan: http://rodja.id/za

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Berikut adalah lanjutan Tafsir Juz ‘Amma bersama Ustadz Badrusalam yang live dari Masjid Al-Barkah pada Selasa malam, 2 Rabi’ul Awwal 1436 / 23 Desember 2014, ba’da Maghrib hingga Isya’. Pertemuan sebelumnya telah membahas tentang Tafsir Surat Quraisy (Bagian ke-2), Surat Al-Fil, dan Surat Al-Humazah (Bagian ke-1). Karena pada pertemuan sebelumnya, pembahasan Tafsir Surat Al-Humazah belum usai, maka pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan daripadanya. Silakan simak dan download rekaman ceramah agamaTafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2)“.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2) dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Humazah (104)

Dalam ceramah ini, kita insya Allah akan mengupas tafsir dari Surat Al-Humazah, ayat ke-1 hingga ayat ke-4. Berikut kami tampilkan ayatnya untuk memudahkan Anda turut mempelajarinya.

Surat Al-Humazah (104): 1-9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) الَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ (٢) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (٣) كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (٤) …

Baca Juga:
Penjelasan Iman dan Hakikat Keimanan Bagian 5 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,(1) yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,(2) dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,(3) sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.(4) …”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Humazah (Kitab Tafsir Al-Muyassar)

Tafsir Surat Al-Humazah

Allah Ta’ala berfirman:

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ ﴿الهمزة : ١﴾

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela.” (QS Al-Humazah [104]: 1)

Sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya tentang makna “وَيْلٌ“, bahwa wail itu sering digunakan untuk taubikh / celaan. Dan sebagian ulama menafsirkan, (bahwa) Wail itu adalah sebuah lembah dalam neraka Jahannam, yang apabila gunung dimasukkan ke dalamnya, maka gunung itu akan hancur lebur.

Mari kita lanjutkan untuk mempelajari Tafsir Surat Al-Humazah yang semoga kita dapat mengambil pelajaran darinya untuk kemudian mengamalkannya, Aamiin. Ceramah ini adalah dari program kajian kitab Tafsir Al-Muyassar di Radio Rodja dan Rodja TV yang live dari Masjid Al-Barkah. Segera download rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar: Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-2)

Silakan share tafsir Al-Quran ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Anda mendapat pahala yang banyak dari Allah Ta’ala atas upaya Anda menyebarkan kebaikan ini. Aamiin.

Baca Juga:
Bab Zakat Bagian dari Islam dan Bab Mengiringi Jenazah Bagian dari Iman - Hadits 46-47 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.