Telegram Rodja Official

Tematik

Zuhud (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 12 Desember 2015 pukul 4:09 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10697

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat

Sebuah ceramah agama Islam tentang “Zuhud” yang disampaikan pada Kamis pagi, 3 Rabi’ul Awwal 1436 / 25 Desember 2014, pukul 09:00-11:40 WIB di Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jl. Kramat Jaya, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Ceramah tazkiyatun nufus oleh Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat ini semoga menjadi bahan muhasabah bagi kita untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, Aamiin.

Rekaman video: Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat – Zuhud

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Zuhud

Zuhud, artinya secara lughah (bahasa) adalah meninggalkan atau tidak berkeinginan terhadap sesuatu. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

وَشَرَوْهُ بِثَمَنٍ بَخْسٍ دَرَاهِمَ مَعْدُودَةٍ وَكَانُواْ فِيهِ مِنَ الزَّاهِدِينَ (يوسف: ٢٠)

“Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada Yusuf.” (QS Yusuf: 20)

Adapun menurut istilah, para ulama telah memberikan sejumlah ta’rif tentang zuhud, tetapi Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah telah menyimpulkan perkataan para ulama tentang zuhud yang syar’i dan yang tidak syar’i.

Zuhud yang syar’i yaitu (pertama,) meninggalkan atau tidak berkeinginan terhadap sesuatu yang tidak bermanfaat di akhirat, (kedua,) terhadap sesuatu yang tidak membantunya dalam rangka mentaati Allah dan RasulNya, dan (ketiga,) terhadap sesuatu yang memudharatkannya.

Baca Juga:
Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan - Mutiara Sahur (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Yuk, download ceramah agama ini untuk semakin kita memaknai apa arti zuhud yang sebenarnya serta apa zuhud yang tidak disyariatkan / tidak syar’i.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat – Zuhud

Mari sebarkan rekaman ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, agar semakin banyak Muslimin memperoleh manfaat darinya.

2 Comments

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    − 5 = 5

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.