Telegram Rodja Official

Kajian Keluarga

Anak dan Sifat Amanah – Bagian ke-2 – Fiqih Pendidikan Anak (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

By  | 

Ceramah agama islam oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Ceramah tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak), di mana pada kesempatan yang telah lalu, kita telah menyelesaikan bagian ke-1 dari pembahasan Anak dan Sifat Amanah. Dan pada Senin pagi, 14 Rabiul Awwal 1436 / 5 Januari 2014, pukul 10:00-11:00 WIB, Ustadz Abdullah Zaen melanjutkan kepada pembahasan Anak dan Sifat Amanah (Bagian ke-2) yang merupakan pembahasan dari silsilah nomor 45. Ceramah ini adalah bagian dari program Kajian Keluarga bersama Ustadez Abdullah Zaen yang live rutin di Radio Rodja dan Rodja TV.

Program Kajian Keluarga - Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Status program Kajian Keluarga: AKTIF. Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap: Senin pagi, pukul 10:00-11:00 WIB, 2 pekan sekali, bergantian dengan Kajian Fiqih Doa dan Dzikir.

Ringkasan Ceramah Kajian Keluarga (Fiqin Pendidikan Anak: Anak dan Sifat Amanah (Bagian ke-2)

Sifat amanah merupakan salah satu sifat yang sangat mulia dan penting. Sifat amanah dan jujur juga lah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Nabi kita yang mulia, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka sebagai orang yang mencintai beliau, kita harus menanamkan sifat ini di dalam diri-diri kita dan anak-anak kita.

Baca Juga:
Tanda-Tanda Kiamat Kecil yang Sedang Berlangsung - Bagian ke-14 - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

Sebagai orang tua kita harus mendidik anak-anak kita sejak dini menjadi anak-anak yang memiliki sifat amanah. Amanah merupakan kebalikan dari khianat. Amanah adalah segala sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga sehingga bisa ditunaikan kepada orang yang berhak mendapatkannya. Setiap amanah yang kita miliki harus kita jaga dan kita tunaikan. Tidak boleh bagi kita untuk menyia-nyiakan amanah.

Bagaimana cara mencetak amanah di dalam diri anak-anak kita?

Silakan simak lanjutan dari bahasan seri ceramah tentang pendidikan anak bersama Ustadz Abdullah Zaen, M.A. ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Fiqih Pendidikan Anak: Anak dan Sifat Amanah (Bagian ke-2)

Share yuk ceramah fiqih pendidikan anak ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin menambah pahala Anda seiring semakin banyak Muslimin yang menyimak dan memetik hikmah dari ceramah ini. Aamiin.

Telegram Rodja Official

2 Comments

  1. santi

    Selasa, 29 Rabiul awal 1436 / 20 Januari 2015 at 07:40

    suatu hari anak perempuan saya pulang sekolah, bercerita kpd saya bahwa dia diminta oleh gurunya, mr X, utk merahasiakan suatu hal. atas dasar khawatir, saya memaksa anak saya untuk menceritakan hal tsb kpd saya. pada awalnya anak saya tidak mau bercerita, dia pegang teguh amanahnya, namun saya akhirnya berhasil memaksa dia utk menceritakan hal yg menurut dia adalah rahasia antara dia dg gurunya, yg ternyata alhamdulillah bukan hal yg perlu dikhawatirkan, hanya cerita kalau beliau akan resign. bagaimana saya harus menyikapi kondisi spt ini ustad, di satu sisi saya harus melatih anak utk menjaga amanah, sdgkan atas dasar khawatir saya harus memaksa anak saya menceritakan suatu hal yg merupakan rahasia. terimakasih sebelumnya ustad atas respon san jawabannya.

    • Radio Rodja

      Kamis, 07 Jumadil awal 1436 / 26 Februari 2015 at 10:30

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

      Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Mohon maaf, untuk sementara ini, pertanyaan hanya bisa disampaikan pada saat sesi akhir dari tiap kajian / ceramah live di Radio Rodja dan RodjaTV, yaitu pada sesi interaktif / tanya-jawab. Pertanyaan bisa disampaikan via SMS maupun telepon.

      Silakan simak program kami di Radio Rodja 756 AM atau RodjaTV, pada saat sesi tanya-jawab, Anda dapat menyampaikan pertanyaan melalui: SMS: 08131 777 6543 Telp: 021 823 6543 Sekali lagi, mohon maaf, pertanyaan seputar syari’at belum bisa disampaikan ke media sosial, email, atau lainnya, selain jalur yang ditentukan di atas tadi.

      Barokallahu fikum. Semoga berkah Allah Ta’ala senantiasa menyertai Anda sekeluarga, Aamiin. Wajazakumullahu khoiron wafikum barokallah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.