Telegram Rodja Official

Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 10:10 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 27 Dzulqa'dah 1437 / 30 Agustus 2016 pukul 4:40 pm

Tautan: http://rodja.id/7t

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 19 Rabiul Awwal 1436 / 10 Januari 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan kajian dengan pembahasan tentang Pentingnya Do’a Keberkahan bagi Bayi yang Baru Lahir, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. – Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak dari Seri Fiqih Keluarga

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak

Perkara yang sangat penting diketahui oleh setiap orang tua adalah masalah memakaikan pakaian kepada anak-anaknya. Dan hal ini harus diketahui semenjak anak=anaknya masih bayi atau masih kecil. Karena banyak sekali orang tua yang keliru dalam masalah ini sehingga anak-anaknya tumbuh dalam keadaan banyak melakukan pelanggaran syariat dalam masalah pakaian.

Baca Juga:  Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Hilangnya Amanah Tanda Dekatnya Kiamat - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Islam sebagai agama yang sempurna sangat memberikan perhatian yang sangat sempurna pula kepada bayi dan anak-anak dari segi rohani maupun segi fisik serta perkembangannya. Menutup tubuh anak hukumnya adalah mubah dan disyariatkan di dalam Islam. Hal ini diambil dari keumuman ayat Al-Qur’an, di antaranya adalah:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاساً يُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِيشاً وَلِبَاسُ التَّقْوَىَ ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Hai anak Adam , sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup ‘auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS Al-A’raf [7]: 26)

Baca Juga:  Kaidah Pokok Ilmu Kesehatan Klasik - Bagian ke-2 - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Bagaimana penjelasan mengenai adab memberikan pakaian kepada anak ini? Simak penjelasan Ustadz Kholid Syamhudi mengenai hal ini di dalam rekaman kajian yang menarik ini atau Anda bisa mendengarkannya secara langsung melalui player yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.