Telegram Rodja Official

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Humazah – Bagian ke-3 – dan Surat Al-‘Ashr – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Ceramah tafsir Al-Quran berikut adalah melanjutkan kajian tafsir sebelumnya, yaitu menyelesaikan pembahasan Tafsir Surat Al-Humazah, kemudian dilanjut dengan Tafsir Surat Al-‘Ashr. Ceramah ini live pada Selasa malam, 9 Rabi’ul Awwal 1436 / 30 Desember 2014. Ceramah disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Cileungsi, Bogor.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Humazah (104) dan Surat Al-‘Ashr (103)

Pada Tafsir Juz ‘Amma ini membahas 2 surat: Surat Al-Humazah dan Surat Al-‘Ashr. Agar memudahkan untuk mengikuti pelajarannya, berikut kami tampilkan Surat Al-Qurannya.

Surat Al-Humazah (104): 1-9

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) الَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ (٢) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (٣) كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (٤) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ (٥) نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ (٦) الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ (٧) إِنَّهَا عَلَيْهِم مُّؤْصَدَةٌ (٨) فِي عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ (٩)

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-A'la (Bagian ke-2) - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,(1) yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,(2) dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,(3) sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.(4) Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?(5) (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,(6) yang (membakar) sampai ke hati.(7) Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,(8) (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.(9)”

Tafsir Surat Al-‘Ashr dimulai dari menit dan detik ke-ke-04:10.

Surat Al-‘Ashr (103): 1-3

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣)

“Demi masa.(1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,(2) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.(3)”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-3) dan Surat Al-‘Ashr

Tafsir Surat Al-Humazah

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ (١) الَّذِي جَمَعَ مَالاً وَعَدَّدَهُ (٢) يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ (٣) كَلَّا لَيُنبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ (٤) …

“Celaka bagi setiap orang yang meng-ghibah dan orang yang suka mencari-cari aib,(1) yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (tidak mengeluarkannya di jalan Allah),(2) dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,(3) sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.(4) …”

Baca Juga:
Tafsir Surat 'Abasa - Bagian ke-1 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Di mana Huthamah adalah salah satu daripada nama-nama api neraka. Disebut dengan al-huthamah, kata Ibnu Katsir, “لأنها تحطم من فيها“, (artinya:) “karena ia akan membinasakan orang yang ada di dalamnya.”

Ayo kita selesaikan pelajaran Tafsir Surat Al-Humazah dan Tafsir Surat Al-‘Ashr ini dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga atau dengarkan langsung melalui player di bawah ini.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an, Kitab At-Tafsiir Al-Muyassar: Tafsir Surat Al-Humazah (Bagian ke-3) dan Surat Al-‘Ashr

Silakan share tafsir Al-Quran ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Anda mendapat pahala yang banyak dari Allah Ta’ala atas upaya Anda menyebarkan kebaikan ini. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.