Telegram Rodja Official

Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Amal Perbuatan itu Tergantung pada Niatnya – Bagian ke-3 – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 19 Maret 2015 pukul 1:50 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=11347

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 15 Rabiul Akhir 1436 / 5 Februari 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan bagian ke-2 dari kaidah fiqih “Amal Perbuatan itu Tergantung Pada Niatnya (Bagian ke-2)” dari buku tersebut, dan pada pertemua kali ini, beliau menyampaikan tentang Kaidah Fiqih “Amal Perbuatan itu Tergantung Pada Niatnya (Bagian ke-3)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Amal Perbuatan itu Tergantung Pada Niatnya (Bagian ke-3)

Pada kajian kali ini, masih dibahas mengenai kaidah yang berbunyi:

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

“Amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.”

Kaidah ini sangat penting, karena kaidah ini diambil langsung dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hadits ini juga dikatakan sebagai setengahnya dari agama, hal itu karena agama itu ada dua, yaitu dzhahir dan batin. Sedangkan batin telah diwakili oleh hadits ini.

Baca Juga:
Hukum Menisbatkan Sunnah kepada Selain Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Para ulama seperti Imam Syafi’i dan Imam Ahmad juga menjelaskan bahwa hadits di atas itu mengandung sepertiga ilmu. Karena usaha seorang hamba itu dengan tiga hal, yaitu dengan hati, lisan, dan amal perbuatan anggota badan. Sedangkan niat adalah termasuk salah satu dari tiga hal tersebut, bahkan yang paling kuat. Karena niat bisa menjadi ibadah yang berdiri sendiri, sedangkan yang lainnya butuh kepada niat.

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan niat di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Amal Perbuatan itu Tergantung Pada Niatnya (Bagian ke-3)

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 9 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.