Telegram Rodja Official

Penjelasan seputar Menyusui Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 21 Jumadil akhir 1437 / 30 Maret 2016 pukul 10:13 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=11380

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1436 / 7 Februari 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan kajian dengan pembahasan tentang Bentuk-Bentuk Nafkah bagi Bayi, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Penjelasan seputar Menyusui Bayi“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Penjelasan seputar Menyusui Bayi

Salah satu bentuk nafkah pada bayi adalah nafkah menyusui. Perlu diketahui sebelumnya bahwa ibu yang menyusui banyinya merupakan perkara yang sangat penting di dalam Islam dan mendapatkan perhatian yang khusus sehingga seorang bapak juga harus memberikan nafkah kepada ibu sang bayi.

Baca Juga:  Di Balik Perceraian (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Jumhur ulama menyatakan bahwa waktu yang baik bagi seorang ibu dalam menyusui bayinya adalah selama dua tahun sempurna. Dan hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لاَ تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلاَّ وُسْعَهَا

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya.” (QS Al-Baqarah [2]: 233)

Bagaimana penjelasan tentang hal ini? Simak penjelasan selengkapnya mengenai masalah ini, dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Baca Juga:  Pendidikan Mental Anak - Fiqhul Usrah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Download Kajian Fiqih Keluarga: Penjelasan seputar Menyusui Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.