Telegram Rodja Official

Tabshiiratul Anaam bil Huquuqi fil Islaam

Hak-Hak Anak Yatim – Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” atau “Hak-Hak di Dalam Islam” karya Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Senin, 27 Rabiul Akhir 1436 / 16 Februari 2015. Pada kajian sebelumnya beliau menyampaikan kajian dengan judul “Hak-Hak Kerabat“, dan kali ini beliau membawakan kajian yang sangat penting, yaitu tentang “Hak-Hak Anak Yatim“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Anak Yatim”

Anak yatim adalah anak kecil yang tidak memiliki bapak karena bapaknya meninggal. Jika sudah besar atau dewasa maka tidak lagi disebut anak yatim. Anak yatim adalah anak yang lemah, maka dari itu Islam memberikan kasih sayang, perlindungan, dan perhatian yang besar kepada anak yatim. Bahkan Allah Ta’ala menjadikan hak anak yatim sebelum hak orang-orang miskin. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Tanda Orang Tua Sukses Mendidik Anak (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin.” (QS An-Nisa [4]: 36)

Allah Ta’ala juga melarang hamba-hambaNya untuk menghinakan, menghardik, atau menyakiti anak yatim. Allah Ta’ala berfirman:

فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ

“Dan terhadap anak yatim janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” (QS Adh-Dhuha [93]: 9)

Dari ayat-ayat di atas kita bisa mengetahui bahwa Islam begitu menaruh perhatian kepada anak yatim, hal itu karena Islam merupakan agama yang penuh kasih sayang. Simak penjelasan selengkapnya mengenai pembahasan ini dengan mendownload kajian yang bermanfaat ini.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Anak Yatim”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.