Masjid Al-Barkah

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Bayyinah – Bagian ke-1 – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:40 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 02 Maret 2017 pukul 8:28 am

Tautan: http://rodja.id/z6

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Mari kita simak kembali, pembahasan Tafsir Al-Quran bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam yang live dari Selasa malam, 14 Rabi’uts Tsani 1436 / 3 Februari 2015, ba’da Maghrib waktu Jakarta. Ceramah tafsir Al-Quran kali ini sampai pada Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-1).

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-1) dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Bayyinah (98)

Dalam Tafsir Juz ‘Amma ini membahas tafsir dari Surat Al-Bayyinah, maka berikut kami sertakan potongan ayat yang dibahas dalam ceramah ini.

Surat Al-Bayyinah (98): 1-8

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ (١) رَسُولٌ مِّنَ اللَّهِ يَتْلُو صُحُفاً مُّطَهَّرَةً (٢) فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ (٣) وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِن بَعْدِ مَا جَاءتْهُمُ الْبَيِّنَةُ (٤) …

“Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,(1) (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al-Qur’an),(2) di dalamnya terdapat (isi) Kitab-Kitab yang lurus.(3) Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al-Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.(4) …” (QS Al-Bayyinah [98]: 1-4)

Baca Juga:
Hubungan Antara Tauhid Rububiyah dan Uluhiyah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Bayyinah

Tafsir Surat Al-Bayyinah

Allah Ta’ala berfirman:

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ (البينة: ١)

“Orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,” (QS Al-Bayyinah [98]: 1)

Allah mengatakan bahwa orang-orang kafir, dari kalangan ahli kitab dan musyrikin, bahwa mereka itu tidak akan pernah berhenti dari kekafiran mereka sampai jelas kepada mereka kebenaran. Dari ayat ini, kita ambil beberapa faedah. Faedah yang pertama, (bahwa) di sini, Allah membedakan orang kafir dari kalangan ahli kitab dan musyrikin. Dan tentunya di dalam hukum pun juga berbeda. Dalam sembelihan misalnya, Allah menghalalkan sembelihan ahli kitab apabila mereka membaca “bismillah” (artinya: “dengan menyebut nama Allah”), sedangkan orang-orang musyrikin tidak dihalalkan sembelihan mereka walaupun membaca “bismillah”.

Download ceramah agama Islam dari program Tafsir Al-Muyassar yang diasuh oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam dengan pembahasan kali ini adalah Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-1).

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-Bayyinah (Bagian ke-1)

Ayo share ceramah tafsir Al-Qur’an ini ke facebook, Twitter, dan Google+, agar semakin banyak Muslimin dapat memperoleh manfaat darinya dan semoga Allah pun menganugerahkan balasan kebaikan kepada kita atas tersebarnya kebaikan ini.

Baca Juga:
Keagungan dan Kedudukan Shalat Subuh Berjama'ah di Masjid

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.