Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Penjelasan tentang Hak Ibu kandung dan Ibu Susuan dalam Menyusui Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  | 

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 9 Jumadal Ula 1436 / 28 Februari 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan kajian dengan pembahasan tentang Penjelasan tentang Siapa yang Harus Menyusui Bayi, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Penjelasan tentang Hak Ibu kandung dan Ibu Susuan dalam Menyusui Bayi“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Penjelasan tentang Hak Ibu kandung dan Ibu Susuan dalam Menyusui Bayi

Seorang ibu terkadang terpisah dari suaminya karena beberapa hal, baik itu karena talak ba’in atau yang lainnya. Dari sini muncul permasalahan, siapa yang lebih berhak menyusui sang bayi? Apakah sang ibu kandung atau ibu susuan?

Para ulama menjelaskan bagaimana hukum Islam dalam menangani masalah seperti itu. Di antara mereka berpendapat bahwa ibu kandung lebih berhak menyusui si bayi daripada ibu susuan. Ibu kandung dipandang lebih didahulukan atas ibu susuan dengan sebab apabila ibu kandung tersebut telah diceraikan oleh suaminya, namun ia ingin mendonorkan air susunya kepada anak suaminya tersebut. Di sini para ulama menjelaskan bahwa sang ibu kandung tentu lebih berhak daripada selainnya.

Baca Juga:
Keluargamu juga Perlu Didakwahi... (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Hal ini juga didukung dengan dalil dalam Al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf.” (QS Al-Baqarah [2]: 233)

Bagaimana penjelasan tentang hal ini? Simak penjelasan selengkapnya mengenai masalah ini, dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Penjelasan tentang Hak Ibu kandung dan Ibu Susuan dalam Menyusui Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.