Telegram Rodja Official

Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Penjelasan tentang Tauriyah yang Dilakukan oleh Nabi Ibrahim (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

By  |  pukul 8:40 pm

Terakhir diperbaharui: Minggu, 01 Maret 2015 pukul 1:36 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=11886

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Ceramah Adab dan Akhlak Seorang Muslim, yang disampaikan pada Sabtu malam, 9 Jumadal Ula 1436 / 28 Februari 2015 oleh Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry. Pada pertemuan kali ini beliau menyampaikan tentang salah satu adab yang mulia yaitu “Penjelasan tentang Tauriyah yang Dilakukan oleh Nabi Ibrahim“, setelah sebelumnya menyampaikan masalah keutamaan “Makna Tauriyah, Contoh, dan Hukum Bertauriyah” Silakan downlaod rekaman ceramah yang disampaikan secara live dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja ini.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Penjelasan tentang Tauriyah yang Dilakukan oleh Nabi Ibrahim

Berbicara tentang tauriyah, maka kita akan teringat dengan kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Kisah ini disebutkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim di dalam kitab hadits mereka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَمْ يَكْذِبْ إِبْرَاهِيمُ النَّبِىُّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَطُّ إِلاَّ ثَلاَثَ كَذَبَاتٍ ثِنْتَيْنِ فِى ذَاتِ اللَّهِ قَوْلُهُ (إِنِّى سَقِيمٌ). وَقَوْلُهُ (بَلْ فَعَلَهُ كَبِيرُهُمْ هَذَا) وَوَاحِدَةً فِى شَأْنِ سَارَةَ فَإِنَّهُ قَدِمَ أَرْضَ جَبَّارٍ وَمَعَهُ سَارَةُ وَكَانَتْ أَحْسَنَ النَّاسِ فَقَالَ لَهَا إِنَّ هَذَا الْجَبَّارَ إِنْ يَعْلَمْ أَنَّكِ امْرَأَتِى يَغْلِبْنِى عَلَيْكِ فَإِنْ سَأَلَكِ فَأَخْبِرِيهِ أَنَّكِ أُخْتِى فَإِنَّكِ أُخْتِى فِى الإِسْلاَمِ فَإِنِّى لاَ أَعْلَمُ فِى الأَرْضِ مُسْلِمًا غَيْرِى وَغَيْرَكِ

Baca Juga:
Keutamaan Silaturahmi, Silaturahmi itu Menambah Umur, Barangsiapa yang Menyambung Silaturahmi Allah akan Mencintainya, dan Seterusnya - Hadits 52-62 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Nabi Ibrahim ‘alaihissalam tidak pernah berbohong kecuali dalam tiga hal. Dua hal berkaitan dengan Dzat Allah, yaitu dengan perkataannya: “Sesungguhnya aku adalah orang yang sakit.” Dan perkataanya: “Bahkan yang melakukan adalah berhala yang paling besar ini.” Dan satu hal lagi berkaitan dengan Sarah, ketika beliau sampai di daerah orang jahat bernama Sarah, dan Sarah adalah orang yang sempurna. Ibrahim berkata: “Sesungguhnya orang jahat ini jika dia mengetahui engkau adalah istriku, maka dia akan merampasmu dariku. Maka jika dia bertanya kepadamu, jawablah engkau adalah saudara perempuanku, dan aku tidak tahu orang Islam di muka bumi ini selain aku dan engkau”.” (HR Muslim no. 2371)

Hadits ini mengisahkan tentang tauriyah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Yang beliau lakukan sejatinya bukanlah dusta atau kebohongan, namun hal itu adalah tauriyah. Dan beliau ‘alaihissalam tidaklah bermudah-mudahan dalam melakukannya. Bahkan seumur hidup beliau hanya melakukan tiga kali, dan itu pun bukan untuk kepentingan pribadi. Namun untuk membela hak Allah dan membela istrinya, dan jika diruntut maka hal itu juga dalam rangka membela hal Allah juga. Wallahu a’lam.

Bagaimana pembahasan mengenai kisah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan tauriyah ini? Simak selengkapnya bersama Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry di dalam rekaman kajian yang sangat menarik ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Penjelasan tentang Tauriyah yang Dilakukan oleh Nabi Ibrahim

Baca Juga:
Menawarkan Islam kepada Orang Tua Non-Muslim, Berbakti kepada Orang Tua yang Meninggal Dunia, dan Berbakti dengan Menyambung Silaturahmi Orang Tua - Hadits 34-41 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Jangan lupa share ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin memperbanyak pahala kita dengan semakin banyak Muslimin yang memetik faedah dari ceramah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

÷ 1 = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.