Telegram Rodja Official

Al-Adabul Mufrad

Keutamaan Wanita yang Bersabar Merawat Anaknya dan Dia Tidak Menikah, Mendidik Anak Yatim, serta Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya – Hadits 141-151 – Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut adalah rekaman ceramah agama Islam dari kajian kitab Adabul Mufrad, lanjutan dari pembahasan tentang Bab Keutamaan Orang yang Memelihara Anak Yatim hingga Bab Jadilah untuk Anak Yatim seperti Seorang Bapak yang Penyayang yang telah lalu. Ceramah yang berlangsung live pada Senin malam, 5 Jumadal Ula 1436 / 23 Februari 2015, pukul 20:00-21:30 WIB ini, Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. melanjutkan kepada pembahasan Hadits 141-151 yang mencakup di antaranya:
1. Bab Keutamaan Wanita yang Bersabar Merawat Anaknya dan Dia Tidak Menikah (Bab ke-78),
2. Bab Mendidik Anak Yatim (Bab ke-79), dan
3. Bab Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya (Bab ke-80).

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja

Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap:Senin malam, 20:00-21:30 WIB

Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad

Daftar Isi

Baca Juga:
Jujur, Pintu Semua Kebaikan - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Bab ke-78: Bab Keutamaan Wanita yang Bersabar Merawat Anaknya dan Dia Tidak Menikah (باب فضل المرأة إذا تصبرت على ولدها ولم تزوج)

[06:08]
Al-Imam Bukhari di sini menyebutkan sebuah hadits yang hadits ini di-dha’if-kan oleh sebagian ulama dan di-dha’if-kan oleh Syaikh Albani rahimahullahu Ta’ala. Namun oleh pentahqiq kitab Al-Musnad, dia dikatakan, “hasan lighairihi, insya Allah.” Hadits ini insya Allah hasan hukumnya, karena ada beberapa hadits lain yang mendukung hadits ini, namun secara sanadnya ada perawi yang dha’if.

Hadits ke-141: Dekatnya antara Rasulullah dan Wanita yang Ditinggal Suaminya yang Dia Bersabar Merawat Anaknya Bagai Dua Jari di Surga

Dari ‘Auf bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallaM bersabda:

أَنَا وَامْرَأَةٌ سَفْعَاءُ الْخَدَّيْنِ ، امْرَأَةٌ آمَتْ مِنْ زَوْجِهَا فَصَبَرْتَ عَلَى وَلَدِهَا ، كَهَاتَيْنِ فِي الْجَنَّةِ

“Aku dan seorang wanita yang di pipinya menghitam, seorang wanita yang ditinggal mati oleh suaminya kemudian dia bersabar merawat anaknya, bagai dua jari ini di surga.”

Bab ke-79: Bab Mendidik Anak Yatim (باب أدب اليتيم

[10:57]

Hadits ke-142: Atsar tentang Bolehnya Memukul Anak Yatim untuk Pendidikan

Dari Syumaisah Al-‘Atakiyyah rahimahullah

ذُكِرَ أَدَبُ الْيَتِيمِ عِنْدَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، فَقَالَتْ : إِنِّي لأَضْرِبُ الْيَتِيمَ حَتَّى يَنْبَسِطَ

“Diceritakan di hadapan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhu tentang mendidik anak yatim, lalu ia berkata, “Aku benar-benar memukul anak yatim itu sampai dia rebahan.””

Baca Juga:
Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu - Yogyakarta 1437 / 2016 (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Bab ke-80: Bab Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya (باب فضل من مات له الولد

[20:27]

Hadits ke-143: Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati Anaknnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لا يَمُوتُ لأَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ ثَلاثَةٌ مِنَ الْوَلَدِ ، فَتَمَسَّهُ النَّارُ ، إِلا تَحِلَّةَ الْقَسَمِ

“Tidaklah seorang dari kaum Muslimin yang ditinggal mati oleh 3 anaknya (dengan bersabar), kemudian dia disentuh oleh api neraka, kecuali untuk menghalalkan sumpah (kalaupun disentuh api neraka maka api menyentuhnya sedikit sekali).”

Pada ceramah ini membahas hingga hadits ke-146, kemudian pada pertemuan selanjutnya dibacakan sisa hadits dari bab ini, hadits 146-151. Silakan download Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya dan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya dalam Kandungan / Keguguran (Hadits 146-155).

Mari simak kajian kitab Al-Adabul Mufrad dengan pembahasan bab ke-78 hingga bab ke-80 dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau mendengarkannya langsung dengan menekan tombol play di bawah ini.

Download Rekaman Kajian Kitab Adabul Mufrad: Bab Keutamaan Wanita yang Bersabar Merawat Anaknya dan Dia Tidak Menikah, Bab Mendidik Anak Yatim, serta Bab Keutamaan Orang yang Ditinggal Mati oleh Anaknya (Hadits 141-151)

Selain mendownload atau mendengarkan ceramah ini, mari bagikan tautan pos ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Allah Ta’ala semakin menambah berat amal kebaikan kita dengannya, Aamiin.

Baca Juga:
Ciri-Ciri Orang Meninggal Masuk Surga
Telegram Rodja Official

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.