Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Jadilah Orang yang Pemaaf – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 3:40 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 17 Februari 2016 pukul 1:51 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=12719

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 16 Jumadal Akhirah 1436 / 6 April 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Bahaya Kezaliman dan Keutamaan Memaafkan Orang Lain“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Jadilah Orang yang Pemaaf“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Jadilah Orang yang Pemaaf

Salah satu akhlak yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah menjadi pribadi yang pemaaf. Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari kesalahan, maka masing-masing dari kita harus menjadi orang yang pemaaf. Memaafkan orang lain itu tidaklah merendahkan martabat dan harga diri seseorang, justru sifat pemaaf itu akan menjadikan dirinya lebih mulia.

Penuhi jiwa dengan kasih sayang dan ampunan, niscaya kamu akan mendapat kasih sayang dan amounan yang lebih utama yang diberikan oleh Allah kepadamu.

Abdullah bin Amru radhiyallahu ‘anhu pernah menuturkan bahwa:

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1256-1264 - TPP: Keutamaan Mencintai karena Allah, Sakitnya Seorang Mukmin, hingga Amalan yang Terbaik ketika Haji (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi seraya menanyakan: “Wahai Rasulullah, berapa kali kami harus memaafkan kesalahan pelayan kami?” Mendengar hal itu, beliau diam saja. Laki-laki itu mengulangi pertanyaannya, namun beliau tetap diam. Ketika pertanyaan diulangi untuk ketiga kalinya, barulah beliau menjawab:

اُعْفُوْا عَنْهُ فِي كُلِّ يَوْمٍ سَبْعيْنَ مَرَّةً

“Maafkanlah dia (meskipun hingga) tujuh puluh kali setiap harinya.” (HR Abu Dawud no. 1564)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat saling memaafkan ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Jadilah Orang yang Pemaaf

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    × 5 = 40

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.