Telegram Rodja Official

At-Taudhiih Wal Bayaan Li Syajarati Al-iimaan

Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan” karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan keimanan. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 19 Jumadal Akhirah 1436 / 9 April 2015, pukul 06:00-07:00 WIB. Pada pertemuan sebelumnya, telah dibahas tentang “Kesempurnaan Iman dan Sebab-Sebab yang Menumbuhkannya“, dan pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih“.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih

Di dalam Al-Quran dan hadits shahih sering kali Allah Ta’ala menggandengkan iman dengan amal shalih. Kenapa demikian? padahal di dalam iman itu sendiri telah tercangkup amal. Hal itu bertujuan untuk penekanan, agar orang tidak menyangka bahwa iman itu cukup dengan hati saja. Karena ada sebagian orang ada yang menyangka bahwa iman itu cukup di dalam hati saja, dan ini merupakan pemahaman sesat.

Baca Juga:
Kisah Para Sahabat Yang Mencintai Mati Syahid - Kitab Ahsanul Bayan (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Allah Ta’ala mengingatkan akan hal ini di banyak firmanNya. Di antaranya adalah:

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَآتَوُاْ الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS Al-Baqarah [2]: 277)

Amal shalih adalah termasuk dari iman dan termasuk konsekuensi keimanan. Dengan amal shalih inilah akan terwujud keimanan. Maka barangsiapa yang mengaku sebagai seorang muslim namun tidak mengamalkan apa-apa yang telah Allah perintahkan, maka ia bukanlah seorang muslim yang sejati, imannya pun tidak sempurna.

Simak penjelasan selengkapnya dari kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan“, yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.