Rodja Peduli

Al-Kabaair

Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar – Bagian ke-2 – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 7:10 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 13 April 2015 pukul 8:43 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=12864

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 22 Jumadal Akhirah 1436 / 12 April 2015. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-1)“, dan pada kajian kali ini beliau akan melanjutkannya ke “Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)

Tatkala Imam Adz-Dzahabi rahimahullah selesai menyebutkan dosa-dosa besar beserta dalil-dalilnya, maka di akhir kitab Al-Kabair beliau menyebutkan sebuah pasal yang mengumpulkan dalil-dalil yang di dalamnya terdapat ancaman-ancaman terhadap amalan atau perbuatan-perbuatan tertentu. Yang mungkin saja perbuatan-perbuatan tersebut termasuk dosa besar. Di antara dalil-dalil tersebut adalah:

Imam Al-Hakim menshahihkan sebuah hadits dari Abu Khiras As-Sulami bahwa ia telah emndengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 998-1000 - TPP: Tali Iman yang Paling Kuat, Tiga Hal yang Termasuk Dosa Besar, dan Pertolongan Allah kepada Orang yang Berhutang (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

مَنْ هَجَرَ أَخَاهُ سَنَةً فَهُوَ كَسَفْكِ دَمِهِ

“Barangsiapa yang mendiamkan saudaranya (hajr) selama setahun, maka ia seolah-olah telah menumpahkan darahnya (telah membunuhnya).” (HR Al-Hakim juz 4 hal 123)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنَّمَ

“Sesungguhnya seseorang yang mengucapkan suatu perkataan yang menimbulkan murka Allah yang tidak ia hiraukan, niscaya ia akan tersungkur ke dalam neraka Jahanam dikarenakan ucapannya tersebut.” (HR Al-Bukhari)

Simak selengkapnya penjelasan dari hadits-hadits tersebut di dalam rekaman kajian Syaikh Abdurrazaq berikut ini.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.