Telegram Rodja Official

Al-Kabaair

Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar – Bagian ke-3 – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 7:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 14 April 2015 pukul 6:25 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=12900

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 23 Jumadal Akhirah 1436 / 13 April 2015. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-2)“, dan pada kajian kali ini beliau akan melanjutkannya ke “Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-3)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-3)

Di antara perkara-perkara yang diperkirakan termasuk dosa besar adalah sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits berikut ini:

Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ خِبٌّ وَلَا مَنَّانٌ وَلَا بَخِيلٌ

“Tidak akan masuk surga orang yang suka memperdaya, orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikan, dan orang yang bakhil.” (HR At-Tirmidzi dengan sanad yang dhaif)

Baca Juga:
Bab Makruhnya Berjalan dengan Satu Sandal dan Bab Larangan Membiarkan Api, Lampu atau yang Semacamnya Menyala di Rumah Ketika Tidur - Bab 299-300 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ

“Seseorang dianggap berdosa apabila ia menceritakan setiap apa yang didengannya.” (HR Muslim)

Allah Ta’ala berfirman:

الَّذِينَ يَبْخَلُونَ وَيَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَمَن يَتَوَلَّ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

“(Yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barangsiapa yang berpaling (dari perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS Al-Hadid [57]: 24)

Simak selengkapnya penjelasan dari hadits-hadits tersebut di dalam rekaman kajian Syaikh Abdurrazaq berikut ini.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar (Bagian ke-3)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    60 ÷ 15 =

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.