Telegram Rodja Official

Aqiidatu As-Salaf Ashaabul Hadiits

Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Qur’an – Bagian ke-3 – Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  | 

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian Islam yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Pengajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits, karya seorang ulama ulama Mazhab Syafi’i yang bernama Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah. Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 27 Jumadal Akhirah 1436 / 17 April 2015. Pada pengajian sebelumnya, beliau telah membahas Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Qur’an (Bagian ke-2) dari kitab tersebut, dan pada pertemuan kali ini, Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan akan melanjutkan kepada “Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Qur’an (Bagian ke-3)“.

Ringkasan Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث

Aqidah Ahlussunnah terhadap Al-Qur’an (Bagian ke-3)

Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah mengometari tentang perkataan Imam Ahmad yang dinukil oleh Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahumallah, beliau berkata:

“Dan apa yang dinukil oleh Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari dari Imam Ahmad, bahwa orang yang mengatakan “ucapanku dengan Al-Qur’an adalah makhluk” itu adalah Jahmiyah. Imam Ahmad mengatakan demikian karena Jahm bin Shafwan dan para pengikutnya dengan jelas mengatakan bahwa Al-Qur’an itu makhluk. Dan orang-orang yang mengatakan “billafdzii” yaitu ucapan saya dengan (bacaan) Al-Qur’an adalah makhluk, mereka menjadikan hal itu sebagai batu loncatan untuk mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Mereka (orang-orang Jahmiyah) takut terhadap ahlussunnah di zaman tersebut bila mereka berterus terang dengan menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk. Maka dari itu mereka mengatakan ucapan tersebut (yaitu ucapan lafdzii bil quran makhluk). Mereka menginginkan bahwa Al-Qur’an tersebut dengan “ucapan kami” adalah makhluk. Maka dari itu Imam Ahmad memvonis mereka dengan Jahmiyah.”

Baca Juga:
Bab Meminta Hujan kepada Bintang - Bagian ke-4 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

Itulah aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah terhadap Al-Qur’an. Semua sepakat bahwa Al-Qur’an adalah kalamullah bukan makhluk. Sedangkan kelompok-kelompok sesat menyatakan bahwa Al-Qur’an itu adalah makhluk.

Bagaimana penjelasan dari pembahasan ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nur Ihsan di dalam rekaman pengajian yang penting ini. Download pengajian tersebut dan simak pula tanya jawab seputar aqidah yang dijawab langsung oleh pemateri.

Dengarkan dan Download Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.