Telegram Rodja Official

Nasab Bayi dalam Islam (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 11:00 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 21 Jumadil akhir 1437 / 30 Maret 2016 pukul 10:13 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13036

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 28 Jumadal Akhirah 1436 / 18 April 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang Tanggung Jawab Orang Tua dalam Menafkahi Anak, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Nasab Bayi dalam Islam“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Nasab Bayi dalam Islam

Sebagai agama yang lengkap dan sempurna, Islam menjadikan nasab sebagai salah satu tujuan syariatnya. Menjaga nasab juga menjadi salah satu lima perkara penting yang didahulukan di dalam Islam.

Baca Juga:  Syarah Aqidah Salaf - Bagian ke-4 - Bekasi 1438 / 2017 (Ustadz Abdul Hakim Amir Abdat)

Sehingga hak nasab ini sudah ada sejak bayi itu lahir dan harus ditetapkan nasab tersebut secara jelas. Jangan sampai nasab sang bayi akhirnya tidak jelas dan tidak diketahui secara pasti bagaimana nasab sang bayi tersebut.

Di dalam Islam, sebagaimana disampaikan para ulama dan pakar ahli fiqih, telah menetapkan nasab melalui empat hal. Yaitu, Firasy, Iqrar, Bayyinah, dan Al-Qiyafah.

Tentang firasy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ

“Seorang ana itu nasabnya ke firasy.”

Firasy secara bahasa adalah karpet, permadani, kasur, atau yang sejenisnya. Firasy juga bermakna wanita yang merupakan istrinya seseorang.

Bagaimana penjelasan mengenai “Nasab Bayi dalam Islam” ini? Simak penjelasan selengkapnya bersama Ustadz Kholid Syamhudi, di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Larangan Meniru Hewan Ketika Shalat

Download Kajian Fiqih Keluarga: Nasab Bayi dalam Islam

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.