Telegram Rodja Official

Al-Bahrur Raa-iq fii Zuhdi war Raqaa-iq

Penyakit Riya’ – Bagian ke-1 – Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 26 April 2015 pukul 8:45 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13075

Ceramah agama oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc.

Kajian kitab Al-Bahru Ar-Raa-iq fii Zuhdi wa Ar-Raqaa-iq (البحر الرائق في الزهد والرقائق) oleh Al-Ustadz Mahfudz Umri, Lc. yang disiarkan secara live pada Ahad pagi, 29 Jumadal Akhirah 1436 / 19 April 2015, pukul 05:30-07:00 WIB. Pada kajian sebelumnya telah dijelaskan tentang Muhasabah Diri (Bagian ke-3), dan pada kajian kali ini, beliau akan membawakan tema Penyakit Riya’ (Bagian ke-1). Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah Agama: Penyakit Riya’ (Bagian ke-1)

Penyakit riya merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa merusak amal-amal ibadah kita, membuat kita menyesal di hadapan Allah, menjadikan kita orang-orang yang tertipu. Kita merasa sudah melakukan amal yang terbaik, namun di hadapan Allah kita tidak mendapatkan sesuatu apa pun. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُمْ بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالاً، الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ يَحْسَبُونَ أَنَّهُمْ يُحْسِنُونَ صُنْعاً

“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS Al-Kahfi [18]: 103-104)

Di antara penyebab hangus dan sia-sianya amalan kita adalah riya’. Dalil-dali dari Al-Qur’an maupun hadits banyak sekali yang menunjukan bahwa riya’ merupakan perbuatan yang haram. Dan para pelakunya juga tercela.

Baca Juga:
Menjadi Muslim Sejati (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Allah Ta’ala mencela orang-orang yang berbuat riya’, firmanNya:

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ، الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ، الَّذِينَ هُمْ يُرَاؤُونَ

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (Yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya.” (QS Al-Ma’un [107]: 4-6)

Dengarkan dan Download Kajian “Bahrur Raa-iq”: Penyakit Riya’ (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut serta dalam menyebarkan link download kajian ini ke Google+, Facebook, dan Twitter. Barakallahu fikum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

61 − = 51

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.