Telegram Rodja Official

Hak-Hak Istri atas Suaminya – Bagian ke-1 – Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 9:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 10 Sya'ban 1437 / 17 Mei 2016 pukul 11:23 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13094

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” atau “Hak-Hak di Dalam Islam” karya Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Senin, 2 Rajab 1436 / 20 April 2015. Pada kajian sebelumnya beliau menyampaikan kajian dengan judul “Hak-Hak Suami atas Istrinya“, dan kali ini beliau melanjutkan kepada pembahasan “Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-1)“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. – Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-1) dari Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-1)”

Sebelum membicarakan hak istri yang harus dipenuhi oleh suaminya, penulis kitab ini yaitu, Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, berbicara terlebih dahulu tentang wanita di masa Jahiliyah dan wanita di dalam Islam.

Baca Juga:  Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 994-998 - TPP: Hukuman bagi Pedagang yang Tidak Jujur, Kondisi Arwah Orang-Orang yang Beriman, hingga Tali Iman yang Paling Kuat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Mengenai kondisi wanita di zaman Jahiliyah, Allah Ta’ala mengabarkan kepada kita melalui firmanNya:

وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُمْ بِالأُنثَى ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدّاً وَهُوَ كَظِيمٌ، يَتَوَارَى مِنَ الْقَوْمِ مِن سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ أَيُمْسِكُهُ عَلَى هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ أَلاَ سَاء مَا يَحْكُمُونَ

“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu.” (QS An-Nahl [16]: 58-59)

Demikianlah kondisi wanita di zaman Jahiliyah dan bagaimana orang-orang Jahiliyah memperlakukan wanita. Mereka menganggap bahwa memiliki anak wanita merupakan aib dan tercela, maka dari itu banyak di antara orang-orang Jahiliyah yang menguburnya hidup-hidup.

Baca Juga:  Faidah dan Buah Manis dari Iman - Bagian ke-2 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Adapun perlakuan orang-orang kafir terhadap wanita, tidak lebih baik dari orang-orang Jahiliyah. Yang mana wanita dianggap barang dagangan yang murah oleh orang-orang kafir, bahkan mereka memperjual belikannya. Ketika wanita-wanita mereka sudah mencapai umur tua, orang-orang kafir memasukka mereka ke dalam panti jompo karena enggan untuk mengurusnya.

Sedangkan di dalam Islam, wanita memiliki kedudukan yang mulia dan diperlakukan dengan baik semenjak lahir. Ketika lahir, anak-anak wanita diberi aqiqah dan perlakuan selainnya sebagaimana bayi laki-laki.

Islam juga memuliakan wanita sebagaimana memuliakan laki-laki. Allah Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلاً

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Baqarah: 128-132 - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan , Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS Al-Isra [17]: 70)

Simak penjelasan Ustadz Kurnaedi tentang “Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-1)” dengan mendownload kajian ini atau mendengarkannya langsung melalui player yang sudah kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Istri atas Suaminya (Bagian ke-1)”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.