Rodja Peduli

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Salam – Bagian ke-1 – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 24 April 2015 pukul 11:34 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13162

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 5 Rajab 1436 / 24 April 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Penjelasan tentang Hak Khiyar (Bagian ke-2, Hukum Menjual Buah-Buahan)“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang Bab Salam (Bagian ke-1).

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Salam (Bagian ke-1)

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah jual beli yang masih termasuk bab salam. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

ويَصِح السَّلمُ حالاّ ومُؤَجَّلا فيما تكامل فيه خمس شرائط أن يكون مضبوطا بالصفة، وأن يكون جِنسا لم يختلط به غيره، ولم تدخله النار لإحالَتِه، وأن لا يكون مُعَيَّنا، ولا من مُعَيَّن

Baca Juga:
Bab Syarikah / Syirkah - Kitab Matan Abu Syuja' (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

“Dan akad salam sah apabila barang diterima secara langsung (tunai) atau ditangguhkan (tidak tunai) dan hal tersebut memenuhi lima syarat, yang pertama barang itu bisa disifati, yang kedua barang tersebut adalah barang yang tidak bercampur aduk dengan barang yang lainnya. Yang ketiga barang itu tidak terkena api untuk maksud diubah. Yang keempat, barang tersebut tidak boleh pada barang yang bisa ditunjuk, dan yang kelima adalah barang tersebut bukan dari tempat yang ditentukan.”

Pembahasan bab salam ini sangatlah penting dan merupakan solusi dari riba yang ada. Karena Allah telah mengharamkan riba dan menghalalkan jual beli. Dan jual beli salam ini salah satu solusi untuk terhindar dari transaksi riba.

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan jual beli ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi: Bab Salam (Bagian ke-1)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.