Telegram Rodja Official

Aktualisasi Akhlak Muslim

Saling Menasihati – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 4:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 17 Februari 2016 pukul 1:51 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13227

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Selasa, 24 Jumadal Akhirah 1436 / 14 April 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang “Memaafkan Lebih Utama daripada Membalas“, dan kali ini beliau akan membawakan kajian denga tema “Saling Menasihati“.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Saling Menasihati

Saling menasihati merupakan salah satu sifat dan akhlak mulia yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Nasihat adalah mengajak orang lain untuk melaksanakan sesuatu yang mengandung mashlahat atau mencegahnya dari mengerjakan sesuatu yang mengandung mudarat.

Peran nasihat amat penting dalam mewujudkan kebaikan dan kedamaian. Apabila sesama muslim saling memberikan nasihat, niscaya persaudaraan mereka akan semakin kokoh. Asalkan nasihat tersebut diberikan ikhlas karena Allah serta didorong oleh rasa kasih sayang dan perhatian besar agar saudaranya mendapatkan kebaikan.

Nabi Nuh ‘alaihissalam misalnya sering sekali berkata kepada kaumnya dalam rangka menasihati mereka.

Baca Juga:
Keutamaan dan Pentingnya Ikhlas Bagian 2 - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالاَتِ رَبِّي وَأَنصَحُ لَكُمْ وَأَعْلَمُ مِنَ اللّهِ مَا لاَ تَعْلَ

“Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku memberi nasehat kepadamu. dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui”. (QS Al-A’raf [7]: 62)

Nabi Syu’aib ‘alaihissalam berkata kepada umatnya, menasihati mereka agar menapaki jalan kebenaran:

فَتَوَلَّى عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالاَتِ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ فَكَيْفَ آسَى عَلَى قَوْمٍ كَافِرِينَ

“Maka Syu’aib meninggalkan mereka seraya berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku telah memberi nasehat kepadamu. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir?”. (QS Al-A’raf [7]: 93)

Dan masih banyak ayat Al-Qur’an yang senada dengan kedua ayat di atas.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat saling menasihati ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Saling Menasihati

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    − 1 = 1

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.