Telegram Rodja Official

At-Taudhiih Wal Bayaan Li Syajarati Al-iimaan

Tiga Perkara agar Bisa Merasakan Manisnya Iman – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan” karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan keimanan. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 18 Rajab 1436 / 7 Mei 2015, pukul 06:00-07:00 WIB. Pada pertemuan sebelumnya, telah dibahas tentang “Hubungan antara Iman dengan Amal Shalih“, dan pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Tiga Perkara agar Bisa Merasakan Manisnya Iman“.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Tiga Perkara agar Bisa Merasakan Manisnya Iman

Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلاَوَةَ الإِيْمَانِ: مَنْ كَانَ اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ ِممَّا سِوَاهُمَا، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَيُحِبُّهُ إِلاَّ للهِ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِى الْكُفْرِ بَعْدَ أنْ أَنْقَذَهُ اللهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ

Baca Juga:
Tafsir Surat An-Nashr dan Surat Al-Kafirun - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Ada tiga perkara, yang apabila ketiganya ada pada diri seseorang, maka ia akan mendapatkan rasa manisnya iman. Yaitu: apabila Allah dan RasulNya lebih ia cintai daripada yang selain keduanya, apabila ia menyintai seseorang, namun ia tidak menyintainya kecuali karena Allah. Dan apabila ia membenci untuk kembali ke dalam kekafiran sesudah Allah menyelamatkannya dari kekafiran itu, seperti halnya ia membenci jika ia dilemparkan ke dalam api.”

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah menjelaskan bahwa landasan iman yang paling besar adalah cinta kepada Allah Ta’ala dan RasulNya. Dan konsekuensi dari cinta kepada Allah adalah keharusan mencintai segala sesuatu yang dicintai oleh Allah Ta’ala. Hal itu juga merupakan hakikat tauhid yang sesungguhnya.

Simak penjelasan selengkapnya dari kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan“, yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Tiga Perkara agar Bisa Merasakan Manisnya Iman

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

3 Comments

  1. Muhammad Sadri

    Kamis, 14 Rabiul awal 1440 / 22 November 2018 at 08:21

    assalamu ‘alaikum… mohon izin copy artikel untuk bahan bacan kami. syukran

    • Admin Radio Rodja

      Kamis, 14 Rabiul awal 1440 / 22 November 2018 at 09:24

      وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
      Silahkan dengan tetap menyertakan sumbernya sebagai amanat ilmiah. Semoga Allah mudahkan urusan kita di dunia dan akhirat.

  2. Luthfi Hidayat

    Minggu, 27 Sya'ban 1436 / 14 Juni 2015 at 16:32

    اسلم عليكم ورحمه لله وبركا ته,
    بركا لله فيكم.
    Sungguh banyak manfaat yang saya dapat dari hadirnya Radio Rodja ini, semoga الله membalas semua kebaikan Ustadz2x, Kru, Karyawan, dan semua yang terlibat dalam Dakwah Sunnah ini dengan Balasan dan Pahala yang lebih barokah, manfaat dan tidak putus2nya, karena bagiku ini adalah salah satu jalan menggapai Ridho الله.
    الحمدلله جزا كم الله خيرا…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.