Masjid Al-Barkah

Khutbah Jumat

Tatkala Al-Qur’an Ditinggalkan – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)

By  |  pukul 2:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 09 Mei 2015 pukul 7:18 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13547

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 19 Rajab 1436 / 8 Mei 2015. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Tatkala Al-Qur’an Ditinggalkan“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Tatkala Al-Qur’an Ditinggalkan

Di dalam Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat yang ke-30, Allah Ta’ala berfirman:

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْآنَ مَهْجُوراً

“Berkatalah Rasul: “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an itu sesuatu yang mereka tinggalkan”.”

Di dalam ayat yang mulia ini Allah Ta’ala menjelaskan keluhan NabiNya yang mulia ‘alaihis shalatu wa salam tatkala melihat umatnya meninggalkan Al-Qur’an. Dahulu kala tatkala Al-Qur’an dibacakan, maka orang-orang kafir Quraisy berusaha mengangkat suara dan hingar bingar agar orang-orang tidak mendengarkan Al-Qur’an. Maka di antara cara mereka memalingkan manusia dari Al-Qur’an adalah dengan hingar bingar, yaitu menyebutkan berbagai macam ucapan atau ungkapan yang membuat orang tidak bisa mendengarkan Al-Qur’an.

Dan sungguh segala sesuatu yang dapat membuat orang lari dari Al-Qur’an adalah bentuk dari perkara meninggalkan Al-Qur’an.

Baca Juga:
Penjelasan Hadits Tentang Perpecahan Umat

Kaum muslimin, jika dahulu orang-orang kafir menjauhkan manusia dari Al-Qur’an dengan hingar bingar, maka di zaman ini mereka menjadikan berbagai macam lagu dan nyanyian itu sebagai sarana agar orang-orang meninggalkan Al-Qur’an.

Maka kita lihat para pemuda di zaman sekarang lebih banyak menghafal dan melantunkan lagu dari pada Al-Qur’an. Ditambah lagi dengan memalingkan para pemuda dari Al-Qur’an melalui media sosial, baik itu facebook, twitter, whatsapp, atau yang lainnya.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.