Rodja Peduli

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Amanah dalam Mendidik Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 30 Maret 2016 pukul 10:13 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=13575

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 20 Rajab 1436 / 9 Mei 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang Hukum Qishash bagi Orang yang Membunuh Bayi, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Amanah dalam Mendidik Anak“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Amanah dalam Mendidik Anak

Telah kita ketahui bersama bahwa anak adalah amanah yang harus kita tunaikan dan menjadikan beban di pundak kita bersama. Dan kita dilarang oleh Allah Ta’ala untuk menghianati amanah ini. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ، وَاعْلَمُواْ أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللّهَ عِندَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS AL-Anfal [8]: 27-28)

Di dalam ayat tersebut, selain melarang hamba-hambaNya untuk menghianati Allah dan RasulNya, Allah juga melarang dari menghianati sitap amanah yang diberikan kepada mereka. Dan tentu saja anak merupakan amanah besar yang harus ditunaikan dan tidak boleh dikhianati.

Baca Juga:
Hukum seputar Aqiqah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap dari kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang dipimpinnya.”

Setiap orang tua juga harus memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Karena pengaruh mereka terhadap anak sangatlah besar.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Amanah dalam Mendidik Anak

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.