Telegram Rodja Official

Tematik

Memelihara Hidayah, Membentengi dari Maraknya Kesesatan (Ustadz Abu Qatadah)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Qatadah

Download ceramah agama Islam yang disampaikan oleh Ustadz Abu Qatadah di Masjid Al-Bina, Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Kamis pagi, 19 Jumadal Akhirah 1436 / 9 April 2015, pukul 09:00-11:30 WIB. Ceramah ini merupakan arsip dokumentasi Rodja yang tidak disiarkan secara live oleh Radio Rodja dan Rodja TV. Al-Ustadz Abu Qatadah menyampaikan tema tentang “Memelihara Hidayah, Membentengi dari Maraknya Kesesatan“.

Rekaman video: Ustadz Abu Qatadah – Memelihara Hidayah, Membentengi dari Maraknya Kesesatan

Ringkasan Ceramah Agama: Memelihara Hidayah, Membentengi dari Maraknya Kesesatan

Berkaitan dengan hidayah, ketahuilah bahwa hidayah adalah nikmat Allah yang paling mulia, nikmat Allah yang paling besar yang Allah anugerahkan kepada hambaNya.

Di antara sesuatu yang wajib kita pahami, bahwa segala sesuatu itu ada sebabnya. Demikian juga hidayah. Dan untuk mendapatkan hidayah, setiap manusia, setiap mukmin diperintahkan untuk menempuh sebabnya. Sebagaimana kita tahu ada sebab sehat, ada sebab untuk mendapatkan rizqi, juga ada sebab untuk bahagia, maka kita wajib menempuh sebab-sebabnya (sebab-sebab hidayah).

Kalau kita ditanya, nikmat apa yang paling agung yang Allah Ta’ala anugerahkan kepada kita?

Baca Juga:
Kaidah Bid'ah Lebih Berbahaya daripada Maksiat - Bagian ke-2 (Ustadz Kurnaedi, Lc.)

Imam Ibnul Qayyim mengatakan, (bahwa) nikmat itu ada dua. Pertama, ada nikmat yang abadi (langgeng). Sedangkan yang kedua, nikmat yang terbatas dan fana.

Nikmat yang abadi, nikmat yang langgeng, yaitu nikmat yang selamanya akan didapatkan oleh seorang hamba, adalah nikmat iman, yaitu apabila seseorang dianugerahi iman dalam hatinya, nikmat Islam dan nikmat Sunnah, yaitu nikmat di mana orang itu mendapat petunjuk, mendapat hidayah, ditunjukkan kepada iman, Islam dan Sunnah, maka ini adalah nikmat abadi, yaitu apabila orang mendapatkan nikmati ini, maka dia akan mendapatkan nikmat dunia ataupun nikmat akhirat nanti.

Adapun nikmat yang kedua adalah nikmat yang terbatas, nikmat yang tidak abadi, nikmat yang akan berakhir / akan sirna, yaitu nikmat dunia: harta, kekayaan, tahta, kekuasaan, ketampanan / kecantikan, dan kesehatan.

Hidayah Allah untuk dapat memeluk Islam dan Sunnah ini adalah nikmat terbesar dalam kehidupan kita. Mari simak ceramah ini agar kita dapat memelihara hidayah sekaligus membentengi diri dan keluarga kita dari maraknya kesesatan.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Qatadah – Memelihara Hidayah, Membentengi dari Maraknya Kesesatan

Share juga yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.