Telegram Rodja Official

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Lail (Bagian ke-2) dan Surat Asy-Syams (Bagian ke-1) – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, kajian Tafsir Juz ‘Amma dapat kita lanjutkan kembali, di mana pada kesempatan lalu telah menyelesaikan Tafsir Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-2) dan Surat Al-Lail (Bagian ke-1), sehingga pada kesempatan ilmiah ini akan kita pelajari bersama tentang “Tafsir Surat Al-Lail (Bagian ke-2) dan Surat Asy-Syams (Bagian ke-1)“. Ceramah ini adalah yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Selasa malam, 23 Rajab 1436 / 12 Mei 2015, ba’da Maghrib (waktu Jakarta).

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Lail (Bagian ke-2) dan Surat Asy-Syams (Bagian ke-1) – Tafsir Juz ‘Amma

[sc:status-tafsir-al-muyassar-ustadz-badrusalam-2013]

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Lail (92) dan Surat Asy-Syams (91)

Berikut kami tampilkan ayat-ayat dari Surat Al-Lail dan Surat Asy-Syams yang akan dipelajari pada Tafsir Juz ‘Amma ini.

Surat Al-Lail (92): 1-21

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Baca Juga:
Urgensi Dzikir dan Syukur - Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى (١) وَالنَّهَارِ إِذَا تَجَلَّى (٢) وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْأُنثَى (٣) إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّى (٤) فَأَمَّا مَن أَعْطَى وَاتَّقَى (٥) وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى (٦) فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى (٧) وَأَمَّا مَن بَخِلَ وَاسْتَغْنَى (٨) وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى (٩) فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى (١٠) وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى (١١) إِنَّ عَلَيْنَا لَلْهُدَى (١٢) وَإِنَّ لَنَا لَلْآخِرَةَ وَالْأُولَى (١٣) فَأَنذَرْتُكُمْ نَاراً تَلَظَّى (١٤) لَا يَصْلَاهَا إِلَّا الْأَشْقَى (١٥) الَّذِي كَذَّبَ وَتَوَلَّى (١٦) وَسَيُجَنَّبُهَا الْأَتْقَى (١٧) الَّذِي يُؤْتِي مَالَهُ يَتَزَكَّى (١٨) وَمَا لِأَحَدٍ عِندَهُ مِن نِّعْمَةٍ تُجْزَى (١٩) إِلَّا ابْتِغَاء وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَى (٢٠) وَلَسَوْفَ يَرْضَى (٢١)

“Demi malam apabila menutupi (cahaya siang),(1) dan siang apabila terang benderang,(2) dan penciptaan laki-laki dan perempuan,(3) sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda.(4) Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,(5) dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga),(6) maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.(7) Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup,(8) serta mendustakan pahala terbaik,(9) maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar.(10) Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.(11) Sesungguhnya kewajiban Kamilah memberi petunjuk,(12) dan sesungguhnya kepunyaan Kamilah akhirat dan dunia.(13) Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.(14) Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka,(15) yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).(16) Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu,(17) yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya,(18) padahal tidak ada seseorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya,(19) tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Tuhannya yang Maha Tinggi.(20) Dan kelak dia benar-benar mendapat kepuasan.(21)”

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 89 - 91 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Pembahasan Tafsir Surat Asy-Syams dimulai dari menit dan detik ke-16:07.

Surat Asy-Syams (91): 1-15

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا (١) وَالْقَمَرِ إِذَا تَلَاهَا (٢) وَالنَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا (٣) وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا (٤) وَالسَّمَاء وَمَا بَنَاهَا (٥) وَالْأَرْضِ وَمَا طَحَاهَا (٦) وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا (٧) فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا (٨) قَدْ أَفْلَحَ مَن زَكَّاهَا (٩) وَقَدْ خَابَ مَن دَسَّاهَا (١٠) …

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari,(1) dan bulan apabila mengiringinya,(2) dan siang apabila menampakkannya,(3) dan malam apabila menutupinya,(4) dan langit serta pembinaannya,(5) dan bumi serta penghamparannya,(6) dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),(7) maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.(8) sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu,(9) dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.(10) …”

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Lail (Bagian ke-2) dan Surat Asy-Syams (Bagian ke-1)

Tafsir Surat Al-Lail

Allah Ta’ala berfirman:

فَأَمَّا مَن أَعْطَى وَاتَّقَى (الليل: ٥)

“Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,” (QS Al-Lail [92]: 5)

Artinya, kata Ibnu Katsir:

أعطى ما أمر بإخراجه ، واتقى الله في أموره ،

“Memberikan apa yang diperintahkan untuk dikeluarkan dan bertakwa kepada Allah dalam urusan-urusan dia.”

وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى (٦)

“dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga),” (QS Al-Lail [92]: 6)

Sudah kita sebutkan perbedaan para ulama di dalam menafsirkan al-husna, namun sebetulnya semua penafsiran itu sama. Ada yang mengatakan husna itu artinya balasan kelak di hari kiamat. Ada yang mengatakan bil husna itu artinya “ganti” (balasan), yaitu orang yang memberi / bersedekah maka akan diganti oleh Allah. Ada yang mengatakan husna itu ucapan la ilaha illallah. Ada yang mengatakan husna itu artinya kenikmatan yang Allah berikan kepadanya. Ada yang mengatakan husna itu artinya shalat, zakat, dan puasa. Namun sebetulnya semua (penafsiran) ini benar. Dan ada juga pendapat yang mengatakan bahwa husna yang dimaksud di sini adalah surga.

Baca Juga:
Hukum-Hukum Pakaian dan Hijab Wanita - Bagian ke-1 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Mari kita simak kembali lanjutan Tafsir Surat Al-Lail kemudian diteruskan dengan pembahasan bagian awal dari Tafsir Surat Asy-Syams. Segera download rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-Lail (Bagian ke-2) dan Surat Asy-Syams (Bagian ke-1)

Mari share rekaman ceramah dari Tafsir Al-Qur’an agar kita dan kaum Muslimin semakin memahami kitab suci Al-Quran.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.