Telegram Rodja Official

At-Taudhiih Wal Bayaan Li Syajarati Al-iimaan

Definisi dan Penjabaran Makna Iman – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan” karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan keimanan. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim pada Kamis pagi, 10 Syaban 1436 / 28 Mei 2015, pukul 06:00-07:00 WIB. Pada pertemuan sebelumnya, telah dibahas tentang “Penjelasan tentang Iman dan Islam“, dan pada kajian kali ini beliau akan menyampaikan sebuah pembahasan mengenai “Definisi dan Penjabaran Makna Iman“.

Ringkasan Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Definisi dan Penjabaran Makna Iman

Pada pertemuan yang lalu telah dibacakan hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau bersabda:

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai kebaikan untuk saudaranya sebagaimana dia mencintai kebaikan itu untuk dirinya sendiri.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:
Keutamaan dan Keajaiban Sedekah

Hadits ini menjelaskan tentang penjabaran dan konsekuensi iman serta menegakkan hak-hak persaudaraan sesama muslim yang khusus maupun yang umum. Hadits ini juga menjelaskan tentang kewajiban dalam mencapai kesempurnaan iman yang harus dipenuhi oleh setiap muslim.

Hadits ini juga menggambarkan bahwa iman itu tidak mungkin kita sempurnakan kecuali dengan menegakkan syariat Islam secara benar baik yang lahir maupun yang batin.

Simak penjelasan selengkapnya dari kitab التَّوْضِيْحُ وَالْبَيَانُ لِشَجَرَةِ الْإِيْمَانِ (At-Taudhih Wal Bayan Li Syajarati Al-Iman) atau biasa disebut dengan “Penjelasan tentang Pohon Keimanan“, yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Kajian Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Definisi dan Penjabaran Makna Iman

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.