Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Sifat Gembira yang Terpuji dan yang Tercela – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 11 Syaban 1436 / 29 Mei 2015. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Sifat Gembira yang Terpuji dan yang Tercela“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Sifat Gembira yang Terpuji dan yang Tercela

Di dalam Al-Quran, Allah Subhanahu wa Ta’ala terkadang memuji gembira dan terkadang juga mencela gembira. Allah Ta’ala berfirman:

لَا تَفْرَحْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

“Janganlah kamu terlalu gembira, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu bergembira.” (QS Al-Qashash [28]: 76)

Ayat di atas menceritakan tentang si Qarun, yang mana dia begitu bergembira dengan dunia, kedudukan, dan hartanya. Sehingga kegembiraaan tersebut menjadikannya congkak dan sombong.

Kegembiraannya dengan dunia, harta, dan kedudukannya tersebut menjadikannya sombong di hadapan manusia, dan akhirnya ia pun mendustakan ayat-ayat Allah dan menolak seruan-seruan para Nabi untuk beribadah kepada Allah.

Sifat gembira seperti yang dimiliki oleh Qarun tentunya termasuk sifat yang tercela dan dibenci oleh Allah Ta’ala. Di ayat lain Allah Ta’ala justru memerintahkan kita untuk bergembira. Sifat gembira yang bagaimana yang terpuji hingga Allah memerintahkannya?

Baca Juga:
Penghapus-Penghapus Pahala (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

“Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.” (QS Yunus [10]: 58)

Di dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk bergembira karena karunia dan rahmat yang diberikanNya kepada kita semua.

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.