Masjid Al-Barkah

Al-Qaulul Mufiid

Bab Berhakim kepada Selain Allah – Bagian ke-2 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  |  pukul 7:10 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 30 Mei 2015 pukul 8:32 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14072

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dari pembahasan kitab Al-Qaulul Mufiid, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar. Pada pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan tentang Bab Berhakim kepada Selain Allah (Bagian ke-1), dan pada ceramah agama ini, beliau akan menjelaskan tentang Bab Berhakim kepada Selain Allah (Bagian ke-2). Ini adalah rekaman dari siaran live yang berlangsung di Radio Rodja dan RodjaTV pada Jumat sore, 11 Rajab 1436 / 29 Mei 2015. Semoga bermanfaat.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

Ayat ke-2 dalam pembahasan kali ini adalah diambil dari surat Al-Baqarah ayat 11 dan 12, yang menceritakan tentang orang-orang munafik. Allah Ta’ala berfriman:

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لاَ تُفْسِدُواْ فِي الأَرْضِ قَالُواْ إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ، أَلا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَـكِن لاَّ يَشْعُرُونَ

“Dan bila dikatakan kepada mereka:”Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi “. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan. Ketahuilah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.” (QS Al-Baqarah [2]: 11-12)

Merusak yang dimaksud di sini adalah merusak secara dzahir seperti merusak alam, bangungan, dan yang lainnya, maupun merusak secara maknawi, yaotu dalam bentuk melakukan kemaksiatan di dunia ini. Dan merusak yang ke-2 inilah yang paling berbahaya karena bisa mengundang turunnya murka Allah.

Baca Juga:
Ahlussunnah Mengimani Sifat Turunnya Allah ke Langit Bumi - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Berhakim kepada Selain Allah”, oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.