Masjid Al-Barkah

Al-Ghaayah wa At-Taqriib - Matan Abu Syuja

Bab Perdamaian – Bagian ke-2 – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 12 Juni 2015 pukul 8:44 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14289

Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 25 Syaban 1436 / 12 Juni 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Perdamaian (Bagian ke-1)“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Perdamaian (Bagian ke-2)“.

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’

Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Perdamaian (Bagian ke-2)

Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Bab Perdamaian” atau “Bab Suluh” dalam perdagangan. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

ويجوز للإنسان أن يُشْرِعَ رَوْشَنَاً في طريق نافِذ بحيث لا يتضرر المارُّ به، ولا يجوزُ في الدَّرب المُشْتَرَك إلا بإذن الشركاء.ويجوز تقديم الباب في الدرب المشتَرَك، ولا يجوز تأخيره إلا بإذن الشركاء

Baca Juga:
Penjelasan tentang Luqathah / Barang Temuan - Kitab 'Umdatul Ahkam - Kajian Masjid Nabawi (Ustadz Abu 'Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)

“Dan diperbolehkan bagi seseorang untuk memajukan bagian atap rumahnya ke jalan, tanpa memberikan gangguan kepada orang yang melewati jalan tersebut. Dan tidak diperbolehkan pada jalan yang berserikat di dalamnya beberapa orang kecuali atas izin yang lainnya.”

Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan perdamaian dalam perdagangan ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi: Bab Perdamaian (Bagian ke-2)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.