Rodja Peduli

Al-Qaulul Mufiid

Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah – Bagian ke-1 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  |  pukul 7:20 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 05 September 2018 pukul 12:33 pm

Tautan: https://rodja.id/20c

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dari pembahasan kitab Al-Qaulul Mufiid, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar. Pada pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan tentang Bab Berhakim kepada Selain Allah (Bagian ke-3), dan pada ceramah agama ini, beliau akan menjelaskan tentang Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah (Bagian ke-1). Ini adalah rekaman dari siaran live yang berlangsung di Radio Rodja dan RodjaTV pada Jumat sore, 25 Syaban 1436 / 12 Juni 2015. Semoga bermanfaat.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

Seorang muslim tidak diperbolehkan mendustakan atau mengingkari salah satu nama dan sifat Allah Ta’ala, karena itu merupakan kekufuran. Wajib baginya untuk mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah yang ditelah ditetapkan di dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Seseorang juga tidak diperkenankan untuk sembarangan menta’wil nama-nama dan sifat-sifat Allah. Hendaknya dia mengembalikan segala hal yang berhubungan dengan nama dan sifat Allah kepada pemahaman yang benar yang berdasarkan Al-Qura’an dan As-Sunnah sesuai yang dipahami oleh para sahabat.

Allah Ta’ala berfirman:

وَهُمْ يَكْفُرُونَ بِالرَّحْمَـنِ قُلْ هُوَ رَبِّي لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ مَتَابِ

“Dan mereka kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Katakanlah: “Dia-lah Tuhanku tidak ada Tuhan selain Dia; hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya aku bertaubat”.” (QS Ar-Rad [13]: 30)

Baca Juga:
Manhaj Dakwah Ahlus Sunnah - Bagian ke-1 - Poin 82 - Syarah 'Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Ustadz Yazid 'Abdul Qadir Jawas)

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah” dari hadits ini, oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.