Masjid Al-Barkah

Al-Qaulul Mufiid

Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah – Bagian ke-2 – Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  |  pukul 7:20 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 20 Juni 2015 pukul 8:31 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14506

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dari pembahasan kitab Al-Qaulul Mufiid, yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar. Pada pertemuan sebelumnya beliau menjelaskan tentang Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah (Bagian ke-1), dan pada ceramah agama ini, beliau akan menjelaskan tentang Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah (Bagian ke-2). Ini adalah rekaman dari siaran live yang berlangsung di Radio Rodja dan RodjaTV pada Jumat sore, 2 Ramadhan 1436 / 19 Juni 2015. Semoga bermanfaat.

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Qaulul Mufid

SIfat Allah Ta’ala terbagi kepada tiga jenis, di antaranya:

1. Sifat Dzatiyah / Sifat Maknawiyah
Adalah sifat yang melekat di dalam Dzat Allah yang Allah senantiasa memiliki sifat itu dari setiap waktunya. Contoh sifat mendengar dan sifat melihat.

2. Sifat Fi’liyyah
Adalah sifat-sifat yang berupa perbuatan Allah yang dilakukan oleh Allah berdasarkan kehendak Allah. Jika Allah bekehendak melakukan perbuatan itu, maka Allah pun melakukan perbuatan itu, dan jika Allah tidak berkehendak maka Allah tidak melakukannya. Contohnya adalah sifat nuzul atau sifat turunnya Allah ke langit dunia di setiap sepertiga malam. Contoh yang lainnya adalah sifat istiwa, sifat berbicara, sifat menciptakan, dan yang lainnya.

Baca Juga:
Penjelasan Lengkap Ibadah Menyembelih - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

3. Sifat Khabariyah
Adalah khabar-khabar atau berita-berita yang ditetapkan tentang diri Allah oleh kitab dan sunnah. Seperti contohnya wajah, kedua mata, tangan. Dan setiap muslim tidak boleh menyamakan sifat-sifat Allah tersebut dengan makhluknya, karena tidak ada yang serupa dengan Allah.

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Bab Mengingkari Sebagian Nama dan Sifat Allah” dari hadits ini, oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.