Telegram Rodja Official

Al-Bahrur Raa-iq fii Zuhdi war Raqaa-iq

Penyakit Riya’ – Bagian ke-5 – Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

By  | 

Ceramah agama oleh: Ustadz Mahfudz Umri, Lc.

Kajian kitab Al-Bahru Ar-Raa-iq fii Zuhdi wa Ar-Raqaa-iq (البحر الرائق في الزهد والرقائق) oleh Al-Ustadz Mahfudz Umri, Lc. yang disiarkan secara live pada Ahad pagi, 4 Ramadhan 1436 / 21 Juni 2015. Pada kajian sebelumnya telah dijelaskan tentang “Penyakit Riya’ (Bagian ke-4)“, dan pada kajian kali ini, beliau akan membawakan tema “Penyakit Riya’ (Bagian ke-5)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah Agama: Penyakit Riya’ (Bagian ke-5)

Salah satu cara agar kita bisa mengobati penyakit riya dari diri kita adalah dengan mengenal ayat-ayat atau hadits-hadits yang menjelaskan tentang adzab-adzab neraka. Karena hal ini akan membuat kita menghilangkan riya ketika beribadah dan akhirnya hanya mengharap pujian dari Allah Ta’ala semata.

Allah Subahanu wa Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيراً مِّنَ الْجِنِّ وَالإِنسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لاَّ يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لاَّ يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لاَّ يَسْمَعُونَ بِهَا أُوْلَـئِكَ كَالأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُوْلَـئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS Al-Araf [7]: 179)

Baca Juga:
Wasiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Abu Dzar (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Allah Ta’ala menjelaskan bahwa isi dari neraka Jahannam adalah dari kalangan jin dan manusia. Bahkah manusia merupakan salah satu bahan bakarnya. Di ayat yang lainnya Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS At-Tahrim [66]: 6)

Simak penjelasan selengkapnya mengenai “Penyakit Riya” ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Mahfudz Umri, Lc. berikut ini. Smeoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Kajian “Bahrur Raa-iq”: Penyakit Riya’ (Bagian ke-5)

Jangan lupa untuk turut serta dalam menyebarkan link download kajian ini ke Google+, Facebook, dan Twitter. Barakallahu fikum.

Telegram Rodja Official