Masjid Al-Barkah

Fawaaidul Fawaaid

Pasangan-Pasangan Kebaikan – Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 11:59 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 21 Desember 2015 pukul 12:53 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14541

Ceramah agama oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Kajian kitab Fawaidul Fawaid kali ini membahas pasal tentang “Pasangan-Pasangan Kebaikan“, setelah sebelumnya telah menyelesaikan bahasan tentang “Tanda-Tanda Kebahagiaan dan Kesengsaraan“. Ceramah bernafaskan tazkiyatun nufus ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam dan disiarkan secara live oleh Radio Rodja dan Rodja TV pada Senin pagi, 28 Sya’ban 1436 / 15 Juni 2015, pukul 05:30-07:00 WIB. Silakan download rekaman ceramahnya sekarang juga.

[sc:status-fawaidul-fawaid-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Fawaidul Fawaid Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

Pasangan-Pasangan Kebaikan (لقاحات الخير)

الطلب لقاح الإيمان، فإذا اجتمع الإيمان والطلب أثمرا العمل الصالح‏.

“Pencarian / usaha adalah merupakan pasangan iman, maka apabila usaha dan iman itu berkumpul, dia akan melahirkan amalan shalih.”

Di mana seseorang yang beriman yang tidak ada kesungguhan untuk beramal shalih, maka imannya itu dipertanyakan. Tentunya ketika kita beriman, kita beriman akan adanya surga dan neraka, maka pada waktu itu harus ada usaha untuk meraih surga dan usaha untuk lari dari api neraka. Sebab kalau yang seperti ini (usaha) tidak kita lakukan, maka iman itu hanya sebatas sesuatu yang akan lewat begitu saja. Maka apabila iman itu berpasangan dengan usaha, maka ia akan melahirkan sesuatu kekuatan berupa amalan shalih.

Baca Juga:
Faidah dan Buah Manis dari Iman - Bagian ke-7 - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

وحسن الظن بالله لقاح الافتقار والاضطرار إليه، فإذا اجتمعا أثمرا إجابة الدعاء‏.

“Sedangkan husnudzan (berbaik sangka) kepada Allah adalah pasangan (dari) merasa fakir kepada Allah, keduanya apabila berkumpul maka pasti akan diijabah (dikabulkan) doanya.”

Simak apa saja yang perlu kita pasangkan agar menghasilkan kebaikan-kebaikan. Silakan downlaod ceramah agama yang sangat bermanfaat ini.

Simak dan Download Kajian Kitab Fawaidul Fawaid: Pasangan-Pasangan Kebaikan

Share ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga banyak kaum Muslimin memperoleh manfaatnya dan insya Allah kita akan memperoleh pahalanya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.