Telegram Rodja Official

Dialog Kesehatan Herbal

Tips Sehat Menu Sahur dan Buka Puasa – Bagian ke-1 – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

By  | 

Konsultasi kesehatan herbal oleh: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

Seri pembahasan manfaat dan khasiat buah-buahan dalam program Dialog Herbal pada kesempatan sebelumnya telah sampai pada Manfaat dan Khasiat Mentimun. Kemudian pada kesempatan di bulan teramat istimewa ini, Ramadhan, akan disajikan terlebih dahulu seri pembahasan baru yang tidak kalah menarik dan pentingnya, yaitu tentang menu sahur dan buka puasa. Pada kesempatan tayangan live Rabu pagi, 7 Ramadhan 1436 / 24 Juni 2015, pukul 10:00-11:30 WIB, kita awali dengan “Tips Sehat Menu Sahur dan Buka Puasa (Bagian ke-1)“. Kini, alhamdulillah, dapat Anda download rekamannya.

Program Dialog Kesehatan Herbal - Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Rabu pagi, 10:00-11:30 WIB



Status program Dialog Herbal: AKTIF

Ringkasan Dialog Kesehatan Herbal: Seri Menu Sahur dan Buka Puasa

Tips Sehat Menu Sahur dan Buka Puasa (Bagian ke-1)

Puasa bagi kita, kaum Muslimin, merupakan syariat yang diwajibkan atas kita. Dan ini merupakan kewajiban yang dikaruniakan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita. Adapun dari sisi pengobatan (oleh para pengobat), dalam 1 sisi, mana kala seseorang menderita sakit, maka diberikan keringanan untuk berbuka. Dan dalam sisi lain, pada sakit yang lain, maka puasa merupakan terapi yang paling tua, yang dilakukan oleh para pemerhati kesehatan. Bahkan sampai hari ini, cara memelihara kesehatan dengan berpuasa ini telah berkembang pesat di dunia. Bahkan hal ini telah dirasakan manfaat tentang puasa itu sendiri di berbagai negara, baik itu Amerika, Inggris, Prancis, bahkan di Osaka, Kyoto, Jepang terdapat sanatorium puasa sebagai tempat pengobatan dan kesehatan. Artinya, mereka setelah meneliti (tentang puasa), kemudian mereka mengakui akan manfaat syariat Islam dari sisi badannya, kemudian mereka mengambilnya, walaupun mereka masih mengingkari dari sisi hikmah Ilahiah (diniyahnya). Dan mereka mendapatkan kerugian yang besar, karena puasa bagi mereka hanya digunakan untuk menegakkan tulang punggungnya, digunakan untuk kesehatannya, digunakan untuk menegakkan badannya, sementara pada sisi yang yang lain, yakni sisi akhirat, mereka tidak mendapatkannya. Maka kita patut bersyukur dan beruntung, kita mendapatkan syariat berpuasa dikarenakan kewajiban kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Kemudian perlu disampaikan pada kesempatan kali ini, yakni makanan-makanan yang penting untuk berbuka, yang akrab digunakan oleh kaum Muslimin di negeri kita ini atau di negeri-negeri yang lainnya. Di mana tentunya memakan makanan yang diutamakan saat buka maupun sahur, kaum Muslimin ini banyak yang tidak lepas dari buah kurma. Maka banyak sekali hikmah di balik kita mengonsumsi kurma dari buka dan sahurnya, di mana kurma ini bersifat menghangatkan tubuh, mengembalikan vitalitas tubuh yang hilang setelah seharian kita tidak memakan makanan, kemudian pertama kali yang kita makan yang melewati tenggorokan (leher) kita dan memasuki lambung (perut besar dan perut kecil) kita adalah kurma, maka kurma tersebut akan mampu menghangatkan tubuh, menghilangkan vitalitas yang hilang, dan menambah stamina, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan perut, membuat perut selalu dalam keadaan kuat (perut siap menerima makanan yang ada. Dan inilah yang benar (sahur dan buka dengan kurma), terkadang seseorang melalaikan buah yang penuh hikmah ini (kurma), kemudian mereka mengonsumsi dengan konsumsi yang lainnya. Apakah kalau tidak ada (kurma), bisa diganti dengan makanan manis yang lainnya, seperti kolak? Tentunya bisa. Akan tetapi, kalau ada kurma, maka ini yang lebih baik, dan lebih dibenarkan di dalam tubuh. Hal ini terbukti, baik secara penelitian klasik, penelitian modern, ataupun pengalaman secara turun-temurun, di mana kurma memiliki kandungan yang bermanfaat bagi orang-orang yang berpuasa.

Baca Juga:
Penyakit Kolesterol dan Cara Pengobatannya - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Mari simak bagaimana menu sahur sekaligus menu buka puasa yang sehat. Download rekaman program Dialog Herbal yang insya Allah pembahasannya akan disampaikan berseri di waktu berikutnya.

Download Dialog Kesehatan Herbal: Sinse Abu Muhammad – Tips Sehat Menu Sahur dan Buka Puasa (Bagian ke-1)

Bagikan yuk pembahasan seri menu sahur dan buka puasa yang sehat ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, sehingga dan semoga semakin banyak kaum Muslimin memperoleh manfaatnya dan dapat menjalankan ibadah dengan baik di bulan Ramadhan ini.

Telegram Rodja Official