Telegram Rodja Official

Mutiara Sahur

Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya – Mutiara Sahur (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 13 Oktober 2015 pukul 1:43 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14622

Kajian Mutiara Sahur oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Berikut ini merupakan rekaman kajian dari program Mutiara Sahur yang disampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV, pada Sabtu pagi, 10 Ramadhan 1436 / 27 Juni 2015. Kajian ini disarikan dari “(مقالات رمضانية)” karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr, dan dikaji oleh Ustadz Abu Haidar. Kajian ini hadir sembari menemani waktu sahur Anda dan keluarga. Pada kajian ini, Ustadz Abu Haidar membahas tema tentang “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Mutiara Sahur: Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Allah ‘Azza wa Jalla mengaitkan puasa yang dilakukan oleh kaum muslimin di bulan Ramadhan dengan turunnya Al-Quran Al-Karim. Hal ini menunjukan bahwa hubungan antara Ramadhan dan Al-Quran sangatlah erat. Dan alasan diwajibkannya puasa di bulan Ramadan adalah karena di bulan tersebut diturunkan Al-Quran.

Hal ini sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Baca Juga:
Berebut Seekor Bangkai (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk mempelajari dan mentadaburi Al-Quran. Setelah itu kita pun diharuskan mengamalkannya. Allah Ta’ala berfirman:

كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” (QS Shad [38]: 29)

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak penjelasan Ustadz Abu Haidar mengenai “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Silakan Download Kajian Mutiara Sahur: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy – Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Mari kita share link download kajian yang bermanfaat ini, ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khairan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 ÷ = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.