Telegram Rodja Official

Tematik

Ramadhan dan Upaya Perbaikan Diri (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A. di Radio Rodja dan RodjaTV pada Senin malam, 13 Ramadhan 1436 / 29 Juni 2015. Pada kajian kali ini beliau menyampaikan tema tentang “Ramadhan dan Upaya Perbaikan Diri“.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Ramadhan dan Upaya Perbaikan Diri

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan diturunkannya Al-Quran, bulan yang penuh ampunan, dan juga bulan yang didalamnya terdapat syariat puasa. Dan semua ini sudah cukup menunjukan bukti bahwa pensyariatan bulan ini adalah benar-benar untuk memperbaiki diri seorang muslim lahir dan batin, memperbaiki dirinya dalam ketaatan kepada Allah, dalam ketundukannya kepada agama Allah Ta’ala, dan juga dalam prinsip hidupnya.

Jika kita mengetahui bersama, bahwa tujuan utama disyariatkannya ibadah puasa di bulan Ramadan adalah untuk menjadikan kita sebagai orang-orang yang bertakwa. Hal ini sebagaimana firmanNya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 183)

Baca Juga:
Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah - Bagian ke-1 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Takwa itu letaknya di dalam hati, dan hal itu harus melalui latihan, yaitu melatih hati kita untuk menahan hawa nafsu dan berusaha selalu mengikuti perintah Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman:

ذَلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS Al-Hajj [22]: 32)

Simak penjelasan tentang “Ramadhan dan Upaya Perbaikan Diri” selengkapnya di dalam rekaman kajian berikut ini.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim – Ramadhan dan Upaya Perbaikan Diri

Jangan lupa, share ceramah yang insya Allah sangat bermanfaat ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.