Telegram Rodja Official

Tematik

Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah – Bagian ke-4: Bersabar, Inilah Caranya! (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Pada beberapa waktu sebelumnya, Ustadz Ahmad ZainuddiN telah menyampaikan tentang “Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-3). Dan pada kesempatan yang live pada Rabu pagi, 14 Ramadhan 1436 / 1 Juli 2015, seri materi tersebut dilanjutkan kepada Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-4): Bersabar, Inilah Caranya!. Alhamdulillah rekamannya dapat Anda download sekarang juga.

Program Kajian tematik bersama Ustadz Ahmad Zainuddin di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Rabu pagi, pukul 10:00-11:30 WIB



Status program Kajian Tematik: AKTIF

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-4)

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan hadits ini berasal dari seorang A’rabi, sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga dari hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasululah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ يُذْهِبْنَ وَحَرَ الصَّدْرِ

“Berpuasa di bulan Ramadhan, bulan kesabaran, dan berpuasa 3 hari di setiap bulan ini fungsinya akan menghilangkan amarah yang ada di dalam dada.”

Baca Juga:
Anjuran untuk Bersedekah (Ustadz Aunur Rofiq Ghufron, Lc.)

Dari sini, kita angkat tema pada kesempatan kali ini yaitu “Bersabar, Inilah Caranya!

Tentunya, bersabar disebutkan oleh para ulama, di antaranya Al-Jurjani di dalam kitabnya, Ash-Shihhah, sebuah kamus bahasa Arab, bersabar adalah “حبس النفس عن الجزع“, yaitu menahan diri dari menggerutu / bersikap tidak pantas”. Ini adalah sabar secara bahasa.

Adapun sabar, kalau kita lihat dari istilah yang dipakai dan disebutkan oleh para ulama Islam, di antaranya disebutkan oleh Muhammad bin Abi Bakr, atau yang lebih dikenal dengan Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, beliau mempunyai kitab ‘Iddatu Ash-Shabirin, kitab yang sangat agung tentang sabar. Beliau menyebutkan:

(الصبر) هو خلق فاضل من أخلاق النفس يمتنع به من فعل ما لا يحسن ولا يجمل، وهو قوة من قوى النفس التي بها صلاح شأنها وقوام أمرها

Sabar adalah sebuah sifat yang mulia dari sifat-sifat yang ada dalam diri seseorang. Dengan sabar, seseorang akan menahan dari berbuat sesuatu yang tidak pantas dan tidak baik. Dan dia adalah sebuah sumber kekuatan jiwa (yang dengan sabar tersebut), maka dia akan memperbaiki keadaan dan menegakkan perkara yang ada pada jiwa tersebut.”

Kesabaran adalah suatu perkara yang utama untuk dapat kita amalkan, terutama kita pelajari dan latih kembali sedari kita berpuasa di bulan Ramadhan ini. Simak dan download ceramah “Bersabar, Inilah Caranya!” dari seri kajian “Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah” oleh Ustadz Ahmad Zainuddin.

Baca Juga:
Kan Ku Gapai Bahagiaku (Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc.)

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Bekal Indah untuk Ramadhan Berkah (Bagian ke-4: Bersabar, Inilah Caranya!)

Berbagi manfaat di bulan penuh berkah, dengan turut membagikan ceramah agama ini ke Facebook, Twitter, dan Google+!

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.