Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Ramadhan sebagai Madrasah untuk Keluarga (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:50 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 30 Maret 2016 pukul 10:13 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14850

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 24 Ramadhan 1436 / 11 Juli 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang Nasihat untuk Keluarga di Bulan Ramadhan, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Ramadhan sebagai Madrasah untuk Keluarga“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Ramadhan sebagai Madrasah untuk Keluarga

Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Quran di bulan Ramadhan dan mewajibkan di dalamnya puasa. Hal ini merupakan bagian dari pembinaan manusia khususnya seorang muslim untuk bisa bersabar dalam menjalankan ketaatan, dalam meninggalkan kemaksiatan, dan dalam menghadapi takdir dari Allah.

Hal ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam menggapai ketakwaan terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adanya petunjuk di dalam Al-Quran yang hanya bisa diterapkan dengan kesabaran yang baik. Semakin kesabaran seseorang sempurna maka akan semakin mudah baginya untuk mampu mewujudkan tuntunan Al-Quran dalam kehidupannya sehari-hari.

Sehingga akan muncul padanya ketakwaaan yang disebutkan di dalam Al-Quran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Baca Juga:
Tidak Akan Tegak Istiqamah Kecuali karena Allah dan dengan Petolongan Allah - Kitab 10 Kaidah Istiqamah (Ustadz Arman Amri, Lc.)

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah [2]: 183)

Ibadah puasa ini juga merupakan pembelajaran atau madrasah bagi setiap anggota keluarga yang mana banyak sekali nilai-nilai ibadah yang bisa dijadikan pelajaran di dalamnya.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Ramadhan sebagai Madrasah untuk Keluarga

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

85 ÷ = 17

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.